Tahun Baru Imlek 2020, Tahun Baru Cina dan Tradisinya yang mendunia

Tahun Baru Imlek 2020, Tahun Baru Cina dan Tradisinya yang mendunia
Tahun Baru Cina 2020 atau Festival Musim Semi (Tahun Baru Imlek 2020) dirayakan pada hari Sabtu, 25 Januari, menurut Kalender Tiongkok tradisional.

Dalam astrologi Cina, setiap tahun diwakili oleh seekor binatang. 2020 adalah tahun Tikus Logam , yang diperkirakan merupakan tahun keberuntungan. Tikus juga telah dirayakan pada tahun 1912, 1924, 1936, 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008. Tikus memiliki posisi pertama dalam zodiak. Tikus adalah representasi ketekunan, kebaikan, dan kemurahan hati.

Tahun Baru Cina, salah satu festival paling penting dan populer di dunia adalah penyebab migrasi massal manusia tahunan terbesar di dunia. Liburan ini dirayakan di negara-negara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja, Australia, Filipina, Taiwan, Hong Kong, Asia Tenggara, dan Mauritius, tetapi juga Eropa, Australia, Zeeland Baru, Amerika, Kanada, terutama di wilayah dengan komunitas Cina yang besar.

Kalender Tahun Baru Imlek 2020 Kalender Cina tidak seperti kalender Gregorian, dan hari pertama Tahun Baru Cina dimulai dengan bulan baru, yang muncul antara 21 Januari dan 20 Februari (pada 25 Januari 2020), dan hari terakhir dikenal sebagai festival Lentera (8 Februari) 2020), dirayakan dengan tampilan lentera malam, berakhir 15 hari kemudian di bulan purnama. Hari Tahun Baru dan Malam Tahun Baru dirayakan bersama keluarga. Secara tradisional, perayaan keluarga adalah urusan agama, diberikan untuk menghormati rumah tangga dan leluhur.

Ritual keagamaan yang paling penting, adalah pengorbanan bagi para leluhur. Orang-orang terkasih, yang meninggal dunia dikenang dengan sangat hormat, karena mereka bertanggung jawab atas kekayaan keluarga baik sekarang dan masa depan. Perayaan keluarga pada Malam Tahun Baru dikenal sebagai "mengelilingi kompor" atau weilu. Ini terdiri dari makan malam yang diatur untuk arwah para leluhur, bersama dengan yang hidup dan mewakili masa lalu dan sekarang, dan satu komunitas yang kuat. Kebiasaan Tahun Baru yang paling penting adalah bagi pasangan menikah untuk memberikan uang keberuntungan yang disebut 'lay-see' kepada kerabat yang belum menikah, terutama anak-anak. 'Lay-see' adalah paket merah yang berisi 'uang keberuntungan' yang diyakini orang akan membawa keberuntungan bagi penerima dan pemberi. Anggota keluarga yang lebih tua juga harus memberikan uang keberuntungan kepada semua orang yang lebih muda dalam keluarga, termasuk mereka yang menikah. Kung hei gemuk choy! 

Mengapa Tanggal Ini Berubah? Tahun Baru Cina didasarkan pada tahun lunar dan bukan jumlah hari yang tetap. Setiap bulan bulan kembali sebagai bulan baru pada tanggal yang berbeda. Rata-rata sekitar 29,53 hari. Jadi beberapa bulan akan menjadi 29 dan yang lainnya akan menjadi 30 hari. 12 bulan lunar akan memakan waktu 354,36 hari, pendek dari 365 hari dalam satu tahun matahari. Untuk memperbaikinya, orang Cina menambahkan bulan ekstra setiap tahun ketiga. Dalam kalender Cina, awal bulan ditandai oleh bulan gelap. Tahun baru dimulai pada bulan baru. Bulan purnama terjadi di pertengahan bulan.

Festival Musim Semi: 15 hari Tahun Baru Imlek

  • Hari pertama - 25 Januari 2020 Hari pertama Tahun Baru Imlek Metal Rat. Para dewa langit dan bumi disambut dan daging dihindari untuk mempromosikan umur panjang dan kebahagiaan
  • Hari kedua: Doa dikirim ke para dewa dan leluhur.
  • Hari ketiga dan keempat Menantu laki-laki menghormati orang tua mempelai wanita mereka.
  • Hari kelima: Named Po Woo, hari ini dihabiskan di rumah untuk menyambut Dewa Kekayaan. Sungguh sial mengunjungi siapa pun pada hari ini.
  • Hari enam hingga sepuluh: Orang Cina sekarang bebas untuk mengunjungi orang yang mereka cintai, dan berdoa untuk keberuntungan di kuil-kuil.
  • Hari ketujuh: Ulang tahun semua manusia dirayakan dengan minuman yang dibuat oleh para petani dari tujuh jenis sayuran. Ikan mentah dimakan untuk mempromosikan kesuksesan, dan mie untuk umur panjang.
  • Hari kedelapan: Doa dikirim pada tengah malam dari orang-orang Fujian, ke Tian Gong, Dewa Surga.
  • Hari kesembilan: Persembahan dibuat untuk Kaisar giok.
  • Hari 10 hingga 12: Undangan dikirim ke teman dan kerabat, untuk dikunjungi untuk makan malam.
  • Hari 13: Makanan sederhana dimakan untuk detoksifikasi setelah makanan kaya di teman dan kerabat.
  • Hari 14: Waktu diambil untuk persiapan perayaan Festival Lentera pada malam ke-15. 
  • Hari 15: Jai, hidangan vegetarian dinikmati oleh keluarga.

Dekorasi 

Persiapan untuk liburan dimulai satu bulan sebelumnya ketika orang membeli hadiah, bahan untuk dekorasi, makanan dan pakaian. Juga kemudian mulai membersihkan rumah untuk mengusir nasib buruk, dan pintu dan jendela dicat ulang, biasanya berwarna merah. Ini kemudian dihiasi dengan strip kertas merah (Chun Lian) dengan keinginan berbeda dari kebahagiaan, kemakmuran dan umur panjang yang tertulis di atasnya.

Apa warna keberuntungan untuk tahun 2020?

Meskipun liburan ini secara tradisional didominasi oleh warna merah, selama Tahun Tikus Logam, warna yang akan membawa keberuntungan dan kesehatan adalah merah muda dan oranye.

Salam pembuka

Sebelum Tahun Baru, orang Cina menghiasi ruang tamu mereka dengan vas bunga, piring penuh jeruk dan jeruk keprok (melambangkan kebahagiaan besar) dan nampan dengan permen dengan delapan jenis buah kering. Di dinding dan di pintu, mereka menempatkan strip kertas merah (Chun Lian), di mana mereka menulis salam sebagai: " Semoga Anda menikmati kesehatan abadi " atau " Bintang Kebahagiaan, Bintang Kesehatan dan Bintang Umur Panjang mungkin bersinar atasmu ”.

Lucky Foods to Eat Selama Festival Musim Semi 2020

Makanan memainkan peran penting selama Festival Musim Semi. Banyak jenis makanan yang dimasak untuk acara ini disajikan karena dianggap sebagai simbol keberuntungan. Sebagai contoh, ikan (yu) mewakili "memiliki cukup untuk juga memberi yang lain", bawang putih (chiu-tsai) berarti "apa yang bertahan", lobak (tsai tou) merujuk pada "firasat baik", sementara bola ikan (yu-wan ) dan bakso (jou-wan) mewakili "reuni".

Jeruk dan delima: Salah satu simbol paling terkenal dari Tahun Baru Cina adalah jeruk dan melambangkan keberuntungan. Di sisi lain, buah delima dihargai karena banyak bijinya, yang melambangkan kesuburan, tetapi juga karena warna merahnya yang memiliki kekuatan untuk mengusir roh jahat. Orang Cina juga melayani ikan utuh yang melambangkan kelimpahan, dan seekor ayam untuk mendapatkan kemakmuran. Ayam harus memiliki kepala, ekor dan kaki yang masih menempel, yang menyiratkan keutuhan, kesempurnaan. Mie tidak boleh dipotong, karena melambangkan umur panjang. Jumlah besar makanan yang disajikan selama periode ini dimaksudkan untuk melambangkan kelimpahan dan kekayaan rumah tempat mereka disajikan. Yang paling dihargai adalah makanan berwarna merah, oranye, hijau, dan emas.

Jai Tradisional Vegetarian Dish

Dimakan secara tradisional pada Hari Tahun Baru, Jai terdiri dari sayuran akar atau berserat. Bahan-bahannya terdiri dari makanan yang mewakili keberuntungan. Jai akan menyertakan biji teratai, mewakili harapan bagi banyak keturunan jantan, kacang ginko, mewakili perak, rumput laut lumut hitam, harapan untuk kekayaan, dadih kacang kering, kekayaan dan kebahagiaan dan rebung untuk harapan baik untuk semuanya. Putih adalah warna sial untuk Tahun Baru, oleh karena itu makanan putih seperti tahu dihindari.

Minuman: Apa yang harus diminum selama Tahun Baru Imlek

Berikut adalah daftar minuman yang paling penting, dicintai oleh mereka yang merayakan acara penting ini:

  • Anggur (Putaojiu) dan Baijiu (ad litteram, anggur putih), yang merupakan minuman beralkohol yang kuat dan jernih; 
  • Anggur Tusu: Minuman Pertama Kaisar; 
  • Ritual teh dimulai pada pagi pertama Tahun Tikus Logam Cina tahun 2020, ketika semua anggota keluarga akan minum secangkir teh. 
  • Minuman populer lainnya adalah: Mijiu (anggur beras dengan strip), Fujian Old Wine (Fujian), Fujian Noi Jeou - anggur ketan (fujian nuomi ji?), Tetapi juga beruang Tsingtao.

Tradisi

Semua hutang harus dibayar pada Hari Tahun Baru. Tidak ada yang dipinjamkan pada hari ini - siapa pun yang melakukannya akan meminjamkan sepanjang tahun. Seseorang seharusnya tidak menggunakan bahasa yang buruk, kata-kata sial, istilah negatif dan kata 'empat', yang terdengar seperti kata kematian.

Kematian dan kematian tidak pernah disebutkan dan cerita hantu benar-benar tabu. Referensi ke tahun lalu dihindari karena semuanya harus mengarah pada Tahun Baru dan awal yang baru. Dipercayai bahwa jika Anda tidak menangis seperti menangis di hari Tahun Baru berarti tahun yang akan datang akan sangat menyedihkan. Karena alasan ini anak-anak tidak diberitahukan pada hari ini.

Pada Hari Tahun Baru, Anda tidak seharusnya mencuci rambut atau membersihkan rumah, karena takut keberuntungan akan dicuci dan dihanyutkan. Menembak petasan adalah cara Cina mengirim tahun lalu dan menyambut Tahun Baru. Pada tengah malam menjelang Malam Tahun Baru Imlek, setiap pintu di rumah , termasuk jendela, harus dibuka untuk memungkinkan tahun yang lama keluar.

Tarian Naga adalah tarian tradisional Tiongkok kuno, biasanya ditampilkan selama liburan besar, dengan harapan dapat menarik kedamaian dan kemakmuran bagi seluruh bangsa. Seperti yang dikatakan jutaan orang Tiongkok untuk beremigrasi ke luar negeri, tradisi tarian ini telah menjadi hal yang umum di banyak negara. Belakangan, Tarian Naga menjadi simbol budaya Tiongkok. Orang-orang saling berharap keberuntungan, kebahagiaan dan kelimpahan bagi orang Cina di tahun baru 2020. ' Gong xi fa cai 'menerjemahkan' Semoga tahun baru yang sejahtera!'

Sumber: www.thechinesezodiac.org

Belum ada Komentar untuk "Tahun Baru Imlek 2020, Tahun Baru Cina dan Tradisinya yang mendunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel