Cara Mengatasi Google Play Store Android Error

Bagi pengguna ponsel berbasis Android, mungkin nama Play Store ini sudah tak asing lagikan ditelinga kalian ? Ya, rumah aplikasi milik Google yang menyediakan berbagai macam jenis aplikasi untuk ponsel maupun tablet android ini sangat banyak bermanfaat untuk pengguna Android.
Cara Mengatasi Google Play Store Android Error
Google Playstore
Bukan hanya itu, Google Play Store juga merupakan aplikasi terpenting yang sekiranya harus terpasang pada setiap perangkat yang menjalankan OS robot hijau ini agar kita dapat mengakses market aplikasi android.

Karenanya dengan google play store, kita dapat mencari aplikasi sesuai kebutuhan kita mulai dari aplikasi hiburan, aplikasi berita/ news, aplikasi olah raga, aplikasi kesehatan, ataupun aplikasi kantoran seperti Office dan pengolah data lainnya.

Dengan memanfaatkan akses pada Google play store juga terbukti bahwa keamanan aplikasi yang kita download sangatlah terjaga dari virus ataupun malware.


Cara Mengatasi Google Play Store Android Error

Meskipun pada dasarnya tidak semua aplikasi disediakan gratis oleh developer pada play store, namun anda tidak perlu khawatir untuk itu, toh banyak juga aplikasi gratisan yang dapat anda download.

Selain itu, Google juga mempermudah bagi anda yang ingin memiliki aplikasi berbayar dengan proses pembayaran via kartu kredit atau bisa juga dengan cara pemotongan pulsa.

Namun sayangnya, belakangan sering kali terjadi masalah dimana pengguna tidak dapat mengakses Google Play Store di Hp android mereka. Entah itu karena Play Store yang Error atau dalam beberapa kasus lainnya pengguna tidak dapat download aplikasi di Play Store.

Nah, untuk mengatasi malah tersebut, berikut adalah beberapa solusi dari Tips lengkap Smartphone untuk mengatasi Play Store error di Hp Adroid Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwitch, Jelly Bean, KitKat.

Cara Mengatasi Google Play Store Android Error

Uji Koneksi pada Hp Android

Untuk anda yang menggunakan jaringan operator seluler, pastikan data koneksi operator yang anda gunakan berjalan lancar, coba buka browser untuk mengecek konektivitas internet.

Jika tidak bisa, gantilah provider seluler yang memiliki jaringan kuat di tempat tinggal anda.

Bagi anda yang menggunakan Wi-fi namun tidak bisa mengakses Play Store, cek pada setting port TCP dan UDP. Jika settingnya dissable maka sebaiknya anda mencari tempat hotspot lainnya.

Untuk mengecek apakah port TCP dan UDP aktif, anda dapat melakukan test dengan mengakses Google Play Store menggunakan jaringan data operator seluler.

Hapus Data Cache

Cara ini dapat anda lakukan dengan masuk ke menu Setting >> Aplication >> Manage Aplication >> All.

Lakukan Clear Cache pada Google Play Store dan Download Manager.

Periksa Kapasitas Ruang Memori

Biasanya penyebab tidak bisa download aplikasi pada play store adalah keterbatasan ruangan memori yang tersedia.

Nah, jika memang kapasitas ruang memori di Hp Android anda hampir penuh, cobalah untuk menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan.

Solusi terakhir apabila Play Store masih error dan tidak bisa download aplikasi, anda dapat melakukan install ulang Play Store via Laptop/ PC. Atau anda juga bisa melakukanFactory Reset pada hp android anda.

Demikianlah Cara Mengatasi Google Play Store Android Error, semoga bisa membantu permasalahan kawan-kawan.

0 Response to "Cara Mengatasi Google Play Store Android Error"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel