-->

12 Amalan utama pada hari Asyura di bulan Muharram 1445 H / 2023 M

12 Amalan Asyura, Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang istimewa yang dihormati oleh umat islam karena di dalam bulan muharram ini ada beberapa peristiwa sejarah dan keutamaan-keutamaan yang dapat memperbanyak pahala bagi yang melakukannya.

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Islam. Kalender Islam menggunakan sistem penanggalan berdasarkan penanggalan hijriyah, yang berdasarkan pada pergerakan bulan. Muharram adalah bulan yang dianggap suci dan memiliki makna penting dalam tradisi Islam.

Bulan Muharram memiliki sejarah dan keutamaan yang dihormati dalam agama Islam. Secara historis, bulan Muharram menjadi terkenal karena peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di dalamnya. Salah satu peristiwa yang paling terkenal adalah peristiwa Tragedi Karbala, yang terjadi pada tanggal 10 Muharram tahun 61 Hijriyah. Pada peristiwa ini, Imam Husain bin Ali, cucu Nabi Muhammad SAW, dan pengikutnya yang setia menghadapi pasukan kufah Yazid bin Muawiyah dan gugur sebagai syuhada.

Bulan Muharram juga menjadi penting karena keutamaan-keutamaan yang terkait dengan ibadah dan amalan. Di bulan ini, umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan ibadah, melakukan puasa sunnah, melakukan sedekah, dan berbuat baik kepada sesama. Puasa Asyura, yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 Muharram, adalah salah satu ibadah yang dianjurkan selama bulan ini.

12 Amalan Utama pada hari Asyura
12 Amalan utama pada hari Asyura di bulan Muharram 1445 H / 2023 M
Berdasarkan penjelasan dari kitab Majmuk A'malul Yaum PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo halaman 119 menerangkan bahwa terdapat 12 amalan yang memiliki keutamaan saat dilakukan pada hari asyura di bulan muharram.
  1. Berpuasa
  2. Sholat pada hari asyuro
  3. Berziarah pada orang alim
  4. Silaturrahmi
  5. Menjenguk orang sakit
  6. Bercelak
  7. Mengusap kepala anak Yatim
  8. Bersedekah
  9. Membahagiakan keluarga
  10. Memotong kuku
  11. Mandi
  12. Membaca Surah Al-Ikhlas 1000x
Demikianlah 12 amalan utama yang bisa dilakukan oleh umat muslim pada hari asyura bulan muharram pada setiap tahunnya. semoga bisa bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "12 Amalan utama pada hari Asyura di bulan Muharram 1445 H / 2023 M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel