-->

Jangan Sampai Tergelincir, Ketahui Cara Rawat Ban Mobil dengan Benar

Merawat Ban Mobil, Musim hujan membuat aktifitas berkendara mobil harus dilakukan dengan hati hati. Selain memperhatikan kondisi jalan, kamu juga harus memeriksa komponen dan spare part mobilmu, salah satunya ban mobil. Kondisi ban mobil yang buruk bisa membuatmu tergelincir ketika berkendara.

Ban punya banyak fungsi, mulai dari penopang kendaraan selama berjalan, mengendalikan arah mobil, hingga melakukan dan menghentikan mobil. Jika ban tak bisa menjalankan fungsinya dengan baik, aktifitas berkendara pun jadi rawan kecelakaan.
Jangan Sampai Tergelincir, Ketahui Cara Rawat Ban Mobil dengan Benar
Merawat Ban Mobil (Gambar: Freepik)
Cara Merawat Ban Mobil Saat Musim Hujan

Baik mobil baru atau mobil second, ban tetap harus dirawat secara menyeluruh, beberapa tips yang bisa dilakukan antara lain:

1. Jangan Bawa Beban Berlebih

Ban punya fungsi untuk menopang mobil, jika beban yang dibawa mobil berlebihan, maka beban harus bekerja ekstra. Kalau dilakukan terus menerus, daya cengkram ban jadi kurang optimal dan membuat resiko mobil tergelincir lebih besar.

2. Selalu Periksa Peleg Mobil

Tidak hanya ban mobil saja yang harus kamu periksa, bagian peleg juga tak boleh dilupakan. Serupa dengan ban mobil, peleg berfungsi menopang mobil, jika kondisi peleg bermasalah, mobil tak bisa berjalan dengan lancar ketika dikendarai.

Masalah yang sering terjadi pada peleg mobil adalah bibir peleg yang pecah. Hal tersebut bisa terjadi karena mobil membawa beban yang terlalu berat. Jika peleg sudah terlihat akan pecah, sebaiknya ganti yang baru sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah.

3. Rawat dengan Spooring atau Balancing

Ada perawatan ban mobil yang bisa kamu gunakan, yakni spooring dan balancing, keduanya akan membuat kondisi ban mobil presisi kembali. Spooring akan mengembalikan sudut ban agar sesuai dengan keluaran pabrik, sering digunakan untuk memperbaiki ban yang terlihat miring.

Sedangkan balancing adalah menyeimbangkan massa dari keempat roda, sehingga pembagian massa beban mobil merata ke semua bagian ban. Jika massa beban mobil bertumpu hanya di bagian depat atau belakang, ban bisa miring.

4. Kurangi Kecepatan Ketika Berkendara

Ketika berkendara, terutama di musim hujan dan jalanan yang licin, ada baiknya kurangi kecepaan. Gunakan kecepatan normal agar daya cengkram ban tetap baik selama berkendara di jalanan yang licin karena hujan.

5. Periksa Alur Tapak Ban

Sebelum berkendara pastikan tekanan ban dalam keadaan penuh. Periksa pula bagian telapak ban, apakah masih bagus atau sudah mulai aus. Jika tapak ban tidak merata, kemungkinan terjadi masalah suspense atau kemudi bisa jadi makin besar.

Dengan melakukan perawatan mobil secara menyeluruh, mobil bisa nyaman selama dikendarai. Kamu bisa dapatkan mobil idaman terbaik di mobbi, situs jual beli mobil yang terpercaya dan punya banyak koleksi.

Kamu bisa dapatkan mobil second dengan harga terjangkau dan dalam kondisi yang baik hanya di mobbi. Akses mobbi bisa kamu lakukan via website atau menggunakan aplikasinya langsung, unduh di Play Store dan App Store ya.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Sampai Tergelincir, Ketahui Cara Rawat Ban Mobil dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel