-->

6 Persiapan mencari pekerjaan bagi lulusan SMA

Ketatnya persaingan pencari kerja saat ini dapat dirasakan oleh masyarakat dalam berbagai jenjang pendidikan. Namun begitu lulusan SMA tetap memiliki peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan lowongan kerja yang diinginkan.
6 Persiapan mencari pekerjaan bagi lulusan SMA
Sebagai bekal untuk mencari kerja ada beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang lulusan SMA jika ingin bekerja, antara lain:

1. Cari informasi lowongan kerja 

Cari informasi lowongan kerja yang cocok dengan minat dan kemampuan kamu, bisa mencari lowongan kerja dari internet, dari berbagai media sosial, atau datang langsung ke perusahaan tempat kamu ingin bekerja.

2. Buat CV dan Surat Lamaran

Buatlah Curriculum Vitae atau CV dan surat lamaran yang menarik dan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

3. Jangan ragu menghubungi perusahaan

Jika menemukan lowongan kerja yang cocok, jangan ragu untuk menghubungi perusahaan dan bertanya tentang detail lowongan kerja. Pastikan kamu mengetahui secara detail kriteria dan persyaratan dari perusahaan yang ingin dilamar. 

4. Manfaatkan jaringan

Manfaatkan jaringan koneksi kamu seperti keluarga, teman, atau alumni yang sudah bekerja, mereka bisa memberikan informasi atau rekomendasi lowongan kerja secara jujur sehingga kamu akan lebih mudah untuk untuk mendapat pekerjaan apalagi dapat dibantu oleh keluarga atau teman yang sudah lebih dulu bekerja di tempat tersebut.

5. Persiapkan diri

Persiapkan diri sebaik mungkin, termasuk penampilan, terus mengasah kemampuan, dan keahlian yang dibutuhkan agar nantinya ketika kamu sudah diterima dalam pekerjaan maka kamu bisa langsung action dan cepat menyesuaikan diri dengan tugas yang diberikan oleh atasan.

6. Jangan lupa untuk terus belajar

Teruslah belajar dan meningkatkan kemampuanmu agar bisa bersaing di dunia kerja, karena saat ini dunia kerja terus update menyesuaikan dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi. Jadi kamu harus peka dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini.

Semoga tips di atas dapat membantu kamu dalam mencari pekerjaan yang cocok!

Belum ada Komentar untuk "6 Persiapan mencari pekerjaan bagi lulusan SMA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel