-->

Pandangan Filosofis, Psikologis-pedagogis atau Psiko-pedagogis, Pandangan Sosiologis-antropologis atau Sosio-antropologis

Pandangan Filosofis, Psikologis-pedagogis atau Psiko-pedagogis, Pandangan Sosiologis-antropologis atau Sosio-antropologis.
Pandangan Filosofis, Psikologis-pedagogis atau Psiko-pedagogis, Pandangan Sosiologis-antropologis atau Sosio-antropologis
Setelah Anda mempelajari materi pada pekan ini, silahkan Anda jawab pertanyaan berikut dan diskusikan dengan teman-teman kelas Anda
  1. Pandangan filosofis adalah cara melihat pendidikan dasar dari hakikat pendidikan dalam kehidupan manusia. Pertanyaan filosofis yang akan kita bahas adalah untuk apa pendidikan Sekolah Dasar dikembangkan.
  2. Pandangan psikologis-pedagogis atau psiko-pedagogis adalah cara melihat pendidikan dasar dari fungsi proses pendidikan dasar dalam pengembangan potensi individu sesuai dengan karakteristik psikologis peserta didik. Pertanyaan psiko-pedagogis yang relevan dengan fungsi proses itu adalah bagaimana pendidikan dasar dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
  3. Pandangan sosiologis-antropologis atau sosio-antropologis adalah cara melihat pendidikan dasar dari fungsi proses pendidikan dasar dalam sosialisasi atau pendewasaan peserta didik dalam konteks kehidupan bermasyarakat, dan proses enkulturasi atau pewarisan nilai dari generasi tua kepada peserta didik yang sedang mendewasa dalam konteks pembudayaan.
Selamat Mengerjakan...

Jawaban
 
1. Pendidikan Dasar dalam hal ini SD/MI dan yang sederajat merupakan pendidikan dipersiapkan dan ditekankan pada penguasaan baca-tulis-hitung, menanamkan pengetahuan dan keterampilan dasar, dan mempersiapkan siswa untuk memasuki jenjang selanjutnya yaitu SMP/MTs.

2. Psico-Pedagogis merupakan cara pandang pendidikan terhadap sekolah dasar yang harus diikuti anak usia 6-13 tahun. proses pendidikan dasar ini merupakan proses pendidikan yang lebih baik, sistematis dengan keilmuan yang terstruktur dan terarah daripada proses perkembangan anak yang dilepas secara alami secara sosial tanpa adanya bimbingan pembelajaran yang sistematis.

3. Pandangan sosiologis-antropologis dapat menjadi disiplin keilmuan yang akan menyeimbangkan kemampuan manusia dalam menjalani kehidupan sosial, karena dalam prosesnya, anak (manusia) secara otomatis akan mempelajari tentang perilaku sosial yang ada dilingkungan masing-masing, kebiasaan-kebiasaan, unsur sosial, budaya hingga adat-istiadat yang dilakukan, dengan begitu, anak akan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan karena mereka telah siap setelah melakukan proses pembelajaran tersebut.

Sumber: Materi Diskusi Sesi 1 Mata Kuliah Perpsektif Pendidikan SD, Umi Arofah UT Jember

Belum ada Komentar untuk "Pandangan Filosofis, Psikologis-pedagogis atau Psiko-pedagogis, Pandangan Sosiologis-antropologis atau Sosio-antropologis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel