-->

Download Surat Permohonan Program PTSL dari Pemerintah Desa Ke Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten

Surat Permohonan PTSL Ke BPN Kabupaten, Pemerintah memiliki program pendaftaran untuk mencetak sertifikat tanah yang bernama Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau lebih dikenal dengan istilah PTSL yang diperuntukkan bagi warga masyarakat yang memiliki tanah bersertifikat misalnya lahan pekarangan, sawah, tegal (ladang) hingga tanah aset pemerintah.
Download Surat Permohonan Program PTSL dari Pemerintah Desa Ke Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten
Program PTSL dari pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat karena akan lebih menghemat biaya dan waktu pengurusan, karena pengurusan sertifikat tanah dapat dilakukan secara kolektif dengan dikoordinir oleh panitia PTSL yang dibentuk oleh masyarakat yang mengikuti program PTSL di Desa.

Setiap desa yang ingin mengikuti program PTSL perlu untuk mengajukan permohonan jatah kuota PTSL melalui Kantor BPN di Kabupaten, dan setelah disetujui oleh BPN kabupaten maka desa segera untuk melakukan pendataan berupa pendaftaran hak milik tanah warga yang berlokasi di desa tersebut secara menyeluruh.

Isi pokok surat permohonan program PTSL terdiri dari
  1. Keterangan jumlah bidang tanah keseluruhan di Desa
  2. Jumlah tanah yang sudah bersertifikat
  3. Jumlah tanah yang belum bersertifikat
Keterangan jumlah tanah yang belum bersertifikat tersebut otomatis menjadi jumlah kebutuhan Program PTSL yang akan diajukan diajukan oleh desa.

Setelah surat permohonan disiapkan oleh desa, maka kepala desa atau perwakilan dari pemerintah desa mendatangi kantor BPN di kabupaten setempat untuk menyampaikan surat permohonan program PTSL tersebut sambil berkoordinasi tentang kebutuhan program. Jadi pemerintah desa sifatnya jemput bola dalam rencana mengikuti program PTSL, dengan begitu BPN Kabupaten akan memberikan perhatian kepada desa yang dianggap serius dalam pengajuan PTSL tersebut sekaligus BPN akan memberikan petunjuk tentang persiapan yang harus dilakukan dalam mengikuti program PTSL.

Berikut ini link unduhan surat permohonan program PTSL dari Pemerintah ke Kantor BPN Kabupaten
Adapun isi surat permohonan program PTSL dari Pemerintah Desa yang diajukan kepada Kepala Kantor BPN ialah sebagai berikut:
-----KOP SURAT-----

.............., ............ 20...
Kepada :
Yth. Kepala Badan Pertanahan Nasional

(BPN) .....(Nama Kabupaten)
Di-

................(NAMA KABUPATEN)

Nomor : ....................
Sifat : Penting
Lampiran: 1 (Satu) Lembar
Perihal: Permohonan Program PTSL

Disampaikan dengan hormat bahwa Desa .........., Kecamatan ..........., Kabupaten .......... bermaksud untuk melaksanakan kegiatan pendaftaran hak milik tanah warga melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2022.

Adapun jumlah keseluruhan tanah yang berada di Desa Baderan ialah ..... (Jumlah) Bidang Tanah, dengan perincian sebagai berikut:

1. Tanah Bersertifikat : ... Bidang Tanah
2. Tanah Belum Bersertifikat: ... Bidang Tanah

Selanjutnya, Kami memohon kepada Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional .... (Nama Kabupaten) untuk berkenan memberikan persetujuan dan kouta PTSL atas tanah warga yang belum bersertifikat tersebut.

Demikian untuk menjadikan periksa dan atas terkabulnya permohonan ini kami sampaikan terimakasih.

Kepala Desa ...



(NAMA KEPALA DESA)
Surat diatas sudah dilengkapi dengan surat pengantar permohonan PTSL dan anda dapat mengeditnya sesuai dengan kebutuhan.

Belum ada Komentar untuk "Download Surat Permohonan Program PTSL dari Pemerintah Desa Ke Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel