-->

Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Ke-75 Gabriela Brimmer Aktivis Hak Disabilitas

Google Doodle hari ini merayakan penulis Meksiko-Yahudi dan aktivis hak disabilitas Gabriela Brimmer pada hari ulang tahunnya yang ke-75. Brimmer memberikan kontribusi yang berdampak pada buku dan film yang secara otentik menggambarkan pengalamannya sebagai orang dengan cerebral palsy, yang pada akhirnya menciptakan lebih banyak peluang bagi mereka yang berada di komunitas penyandang cacat.
Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Ke-75 Gabriela Brimmer Aktivis Hak Disabilitas
Brimmer lahir di Mexico City pada tahun 1947 dari orang tua yang melarikan diri dari Nazi Austria. Segera setelah itu, orang tuanya mengetahui bahwa dia menderita cerebral palsy yang parah, gangguan otot yang dapat memengaruhi gerakan, tonus otot, dan postur seseorang. Pengasuh Brimmer mengajarinya untuk berkomunikasi melalui kata-kata tertulis dan puisi, karena dia nonverbal.

Kaki kirinya, satu-satunya bagian tubuhnya yang bisa dia gerakkan, menjadi alat komunikasinya dengan dunia. Seperti yang digambarkan dalam karya seni hari ini, dia menulis bagian-bagian yang indah dengan menggunakan mesin tik yang dia operasikan dengan jempol di kaki kirinya.

Brimmer kemudian bekerja sama dengan novelis dan jurnalis Meksiko untuk menulis tiga buku terlaris yang secara akurat menggambarkan kehidupannya. Dia juga bekerja dengan produser untuk menggunakan kembali otobiografinya ke dalam film Gaby, a True Story (1987), yang memenangkan nominasi Golden Globes dan Oscar.

Brimmer kemudian mendirikan Asosiasi Hak Penyandang Disabilitas Motorik dan berpartisipasi dalam banyak organisasi lain yang mengadvokasi hak-hak disabilitas dan aksesibilitas.

Pada tahun 2016, Pusat Nasional Rehabilitasi dan Integrasi Pendidikan Gaby Brimmer didirikan untuk menghormatinya.

Selamat ulang tahun, Gabriela Brimmer!

Sumber: https://www.google.com/doodles/gabriela-brimmers-75th-birthday

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close