-->

Lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!

Kasus korupsi menjadi hambatan besar dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan otonomi daerah yang didalamnya terdapat program pembangunan. Solusi untuk mengatasi korupsi tidak bisa hanya mengandalkan ketatnya pengawasan dari badan pengawas terkait, karena selalu ada celah dari setiap pengawasan.
Lakukanlah telaah terkait dengan solusi nyata kita sebagai masyarakat untuk menanggulangi hambatan pelaksanaan otonomi daerah!
Adalah merubah sikap diri dan karakter yang dapat memberantas korupsi yang ada di setiap daerah. Para pejabat baik legislatif maupun eksekutif perlu diisi oleh orang-orang yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, dan tanggung jawab. Orang yang menjadi pejabat atau wakil rakyat harus selalu sadar bahwa jabatan yang diembannya adalah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Kepercayaan rakyat harus terus dijaga agar kita tidak kembali lagi pada hukum rimba yaitu kuat yang berkuasa, ketika rakyat mulai jenuh dengan pemerintahan yang menggunakan cara korupsi maka bukan hal yang aneh lagi jika masyarakat nantinya menginginkan era era lainnya seperti era reformasi seperti yang pernah terjadi di Indonesia yang pada waktu itu masyarakat melalui mahasiswa telah menunjukkan kekuatannya sendiri dalam menentukan kebijakan pemerintahan.

Kita sebagai masyarakat sudah seharusnya untuk turut mengawal suksesnya pelaksanaan otonomi daerah dengan menjadi kontrol sosial atas kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

Sumber: Tugas 3 Sesi 7 PKN UT Umi Arofah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close