-->

Bagaimana urgensi ilmu pengetahuan bagi kehidupan dunia dan akhirat manusia?

Menurut anda bagaimana urgensi ilmu pengetahuan bagi kehidupan dunia dan akhirat manusia ? Sebutkan dan jelaskan !
Bagaimana urgensi ilmu pengetahuan bagi kehidupan dunia dan akhirat manusia?
Ilmu pengetahuan merupakan kebutuhan manusia dalam rangka menjalankan proses kehidupan manusia selama berada di dunia. Kekhalifahan manusia dianugerahkan keistimewaan oleh Allah SWT melebihi daripada makhluq ciptaan Allah yang lainnya.

Manusia dalam menjalani kehidupan akan dipandu oleh ilmu pengetahuan, bahkan karena begitu mulianya ilmu pengetahuan sehingga Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan seperti firman Allah SWT dalam surat Al-Mujaadilah/58: 11 yang artinya: "Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat".

Dari ayat diatas bisa diketahui bahwa orang yang sukses adalah orang yang beriman dan orang yang memiliki ilmu pengetahuan.

Sedangkan pentingnya ilmu pengetahuan bagi kehidupan di akhirat dapat diukur dari seberapa banyak manusia menggunakan ilmunya yang disertai dengan keimanan, jika manusia selalu menjaga imannya maka niscaya ia akan mengamalkan setiap ilmu pengetahuan yang dimilikinya dengan tujuan ibadah disamping ibadah-ibadah wajib yang diperintahkan oleh Allah SWT, dan sebagai imbalan dari setiap ibadah tersebut diberi penghargaan berupa pahala, pahala tersebut nantinya yang bisa menjadi bekal kehidupan manusia saat sudah berpindah ke alam akhirat.

Sumber: Materi Tugas Diskusi Sesi 7 PAI UT Umi Arofah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close