-->

Al-quran mengajarkan bahwa setiap muslim harus menjalin persudaraan, kepada pihak siapa saja persaudaraan tersebut harus dijalin ? Jelaskan!

Al-qur'an telah menjelaskan di dalam surat Al-Hujuraat/49: 10.

اِنَّمَا الۡمُؤۡمِنُوۡنَ اِخۡوَۃٌ فَاَصۡلِحُوۡا بَیۡنَ اَخَوَیۡکُمۡ وَ اتَّقُوا اللّٰہَ لَعَلَّکُمۡ تُرۡحَمُوۡنَ

Artinya "Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat".
Al-quran mengajarkan bahwa setiap muslim harus menjalin persudaraan, kepada pihak siapa saja persaudaraan tersebut harus dijalin ? Jelaskan!
Dapat diambil kesimpulan bahwa persaudaraan yang diterangkan di dalam Al-qur'an surat al-hujuraat/49: 10 bahwa setiap orang mukmin atau muslim itu bersaudara. Hal ini berarti dalam persaudaraan sesama muslim harus selalu dijaga dan kalaupun ada yang sedang berselisih harus segera didamaikan, kemudian kita diperintahkan untuk bertakwa kepada Allah agar mendapatkan rahmat dari Allah SWT.

Lebih jelasnya dalam membangun persudaraan dan tatanan masyarakat muslim yang baik dengan ketentuan sebagai berikut:

1. Tidak boleh saling melecehkan dan menghina karena bisa jadi orang yang dilecehkan atau dihina itu lebih dari dari orang yang melecehkan seperti yang telah diterangkan dalam Al-Qur'an QS Al-Hujuraat/49: 11.


2. Sesama muslim tidak boleh berprasangka buruk dan meng-ghibah QS Al-Hujuraat/49: 12.

3. Saling tolong menolong QS. Al-Anfaal/8:72.

4. Menegakkan perdamaian QS Al-Hujuraat/49: 9.

Didalam Al-Qur'an QS An-Nisaa'/4: 1, Allah SWT secara lebih universal mengatur hubungan persaudaraan antara satu dengan yang lainnya termasuk orang yang tidak seiman (non muslim) agar tetap saling menjaga silaturrahim.

یٰۤاَیُّہَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّکُمُ الَّذِیۡ خَلَقَکُمۡ مِّنۡ نَّفۡسٍ وَّاحِدَۃٍ وَّ خَلَقَ مِنۡہَا زَوۡجَہَا وَ بَثَّ مِنۡہُمَا رِجَالًا کَثِیۡرًا وَّ نِسَآءً ۚ وَ اتَّقُوا اللّٰہَ الَّذِیۡ تَسَآءَلُوۡنَ بِہٖ وَ الۡاَرۡحَامَ ؕ اِنَّ اللّٰہَ کَانَ عَلَیۡکُمۡ رَقِیۡبًا

Artinya: Hai sekalian manusia! Bertakwalah kepada Tuhan kamu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan menciptakan darinya pasangannya; Allah memperkembangbiakkan dari keduanya laki-laki dan perempuan yang banyak.

Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah pula) hubungan silaturrahmi. Sesungguhnya Allah maha mengawasi kamu.

Sumber: Materi Diskusi Mata Kuliah PAI UT Sesi 8

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close