-->

Bela negara yang seperti apakah yang paling tepat dilakukan oleh mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya di Indonesia?

Bela negara yang paling tepat dilakukan oleh mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya di Indonesia.
Bela negara yang seperti apakah yang paling tepat dilakukan oleh mahasiswa dan kalangan terpelajar lainnya di Indonesia?
Indonesia tidak memprogramkan wajib militer sebagai bentuk bela negara di Indonesia, namun ada beberapa hal yang wajib dijalankan oleh mahasiswa maupun kalangan terpelajar dalam rangka mempertahankan ketangguhan bangsa.
  1. Mengikuti pelatihan penguatan pendidikan tentang politik dan kepemimpinan,karena indonesia butuh para pemimpin yang kompeten dan mengerti sistem politik dan kepemimpinan yang ada di indonesia.
  2. Mengikuti penguatan kewirausahaan, karena ketahanan indonesia bukan hanya dari segi militer saja, namun juga dalam segi wirausaha sehingga dapat menjamin ketahanan ekonomi masyarakat yang ada di indonesia.
  3. Memegang teguh persatuan sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika, agar mahasiswa dapat memberikan teladan tentang persatuan dan kesatuan kepada masyarakat demi menjaga keutuhan bangsa dari segala sisi, karena meskipun Indonesia kuat dari segi militer saja namun rakyatnya tidak bersatu maka masih belum bisa dikategorikan memiliki ketahanan nasional, apalagi indonesia merupakan negara kepaulauan dan adat yang berbeda sehingga persatuan dan kesatuan merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam rangka menjaga keutuhan bangsa.
Selain itu, Mahasiswa yang notabene adalah orang yang berpendidikan memegang amanah dalam menjaga segala aspek kebutuhan nasional, dari keamanan, ekonomi, hingga pendidikan karena mahasiswa nantinya yang akan menjadi kader pemimpin bangsa di masa depan.

Sumber: Materi Diskusi PKN Sesi 3 Ut (Umi Arofah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close