-->

Cara Mengubah Data Rombel Siswa di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform

Mengubah Rombel Siswa di Emis, Data siswa yang sudah dimasukkan ke aplikasi emis perlu benar-benar dipastikan kevalidan datanya, mulai dari NIM, NISN, hingga Nomor Induk Kependudukan yang dimiliki oleh siswa.
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform
Beberapa proses perbaikan data siswa di aplikasi emis tidak dapat dilakukan oleh operator sekolah/madrasah, sehingga hal ini akan dirasa cukup menyulitkan dalam proses perbaikan data tersebut.

Contoh kasus yang kami alami adalah perbaikan data siswa yang salah rombel (Salah Kelas) yang telah dicoba melakukan perubahan langsung pada aplikasi emis, namun tak kunjung bisa hingga waktu beberapa bulan.

Awal kesalahan rombel karena siswa tersebut merupakan siswa pindahan dari sekolah lain dan berada di kelas 4, setelah itu dibuatkan surat terima dari sekolah yang baru, kemudian dilakukan penarikan data siswa dari sekolah asal ke sekolah yang baru, namun selama prosesnya hingga melampaui tahun ajaran waktu pindah.

Setelah dilakukan penarikan data siswa dari sekolah asal, kami memasukkan pada aplikasi emis dengan memasukkan rombel di kelas 4, padahal siswa yang bersangkutan telah naik ke kelas 5 dan tahun ajaran telah berganti. 

Disinilah kemudian menjadi masalah yaitu siswa salah rombel atau kelasnya, yang sebenarnya sudah di kelas 5 namun kami memasukkannya di kelas 4 sesuai surat terima yang dikeluarkan oleh sekolah.

Kami mencoba bertanya dan mencari solusi kesana kemari, karena khawatir siswa tersebut nantinya tidak akan lulus tepat waktu karena jenjang kelasnya di aplikasi emis kurang 1 tahun dari yang sebenarnya.

Ada info harus membuat surat pernyataan mengetahui kepala sekolah dan menyertakan data siswa dan raport. kami menyiapkan berkas yang dibutuhkan, namun akhirnya bingung kemana harus menyampaikan laporan dan berkas tersebut.

Akhirnya kami mencoba mencari cara melalui internet, dan Menghubungi Live Agent Madrasah Reform adalah solusinya dan berhasil.

CARA MENGUBAH ROMBEL SISWA MELALUI LIVE AGENT

Berikut ini cara mengubah data rombel siswa yang kami lakukan melalui chat whatsapp / Live Agent madrasah reform.

1. Simpan nomor WhatsApp Madrasah Reform berikut ini di ponsel anda : 081147402020

2. Kirim pesan apa saja pada WA Madrasah Reform misalnya "Info".
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform
3. Sistem akan membalas chat dengan salam dan ucapan terimakasih karena telah menghubungi Madrasah Digital Care Kementerian Agama, dan anda dkan diminta memasukkan nama lengkap dan domisili. Isikan nama operator atau kepala sekolah sesuai yang tertera di akun emis.

4.Setelah itu sistem akan menyajikan data singkat profil anda yang terdiri dari nama lengkap, nomor telepon, dan domisili. jika data yang tertera sudah benar maka jawab Ya.

5. Sistem menjawab: Selamat datang, saya PRIMA (Pelayanan Informasi Madrasah) Asisten virtual Madrasah Digital Care siap membantu. Ada yang bisa kami bantu?
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform

Silahkan memilih Informasi terkait topik dibawah ini:
  1. Madrasah Resource Center
  2. e-RKAM
  3. EDM
  4. BOS Madrasah
  5. AKMI
  6. PKBGTK
  7. EMIS 4.0
  8. Pengaduan
  9. Madrasah Siap Belajar
  10. Chat dengan Live Agent
Sesuai permasalahan anda saat ini pilih Nomor 10 dan kirim di Whatsapp yaitu Chat dengan Live Agent.

6. Sistem akan menjawab Apakah Bapak/Ibu ...ingin terhubung dengan Live Agent Kami? Ya/Tidak. Silahkan ketik Ya
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform
7. Selanjutnya anda akan diarahkan pada Live Agent dan diminta untuk memilih topik yang ingin ditanyakan:
  1. e-RKAM
  2. EDM
  3. BOS
  4. AKSI
  5. PKBGTK
  6. Emis Madrasah
  7. Integrasi Emis Pontren-Sispena
  8. Madrasah Siap Belajar
Pilih No. 6 (Emis Madrasah) setelah itu anda akan diminta untuk memasukkan detail pertanyaan dari masalah yang sedang dialami. silahkan ceritakan permasalahan anda secara jelas dan lengkap.
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform
8. Jika sudah selesai maka sistem yang dipandu oleh petugas live agen akan meminta data siswa yang salah rombel tersebut dengan kelengkapan NSM, Nama Lembaga, NISM, NIK, Nama Siswa, Tingkat Salah, Tingkat Benar, dan penyebab salah tingkat. dan dibuatkan Form Excel sesuai dengan Kelengkapan diatas.

Karena kebetulah hanya 1 siswa yang datanya bermasalah, kami cukup mengirim data tersebut via text WhatsApp.

Tidak sampai 5 menit data siswa yang salah rombel tersebut sudah selesai diproses, hal ini dapat dilihat setelah kami refresh halaman akun emis yang berisi data siswa yang bersangkutan.
Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di Emis Melalui Live Agent Madrasah Reform
Yang terakhir, Masuk pada akun emis sekolah, Masuk ke Rombongan Belajar untuk memasukkan siswa yang salah rombel tersebut pada rombel yang sebenarnya atau rombel saat ini.

Demikianlah pengalaman dan Cara Mengubah Data Rombel Siswa Madrasah di akun Emis Melalui Chat WhatsApp Live Agent Madrasah Reform. Jika anda saat ini sedang mengalami masalah rombel siswa atau problem data lainnya semoga bisa diselesaikan dengan cara diatas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel