-->

Tips Aman Kredit Motor untuk Anda yang Belum Berpengalaman

Metode pembayaran kredit kini jadi pilihan karena meringankan beban keuangan di awal. Anda hanya perlu mempersiapkan uang muka yang besarannya rendah. Baru setelah itu memperhitungkan biaya cicilan setiap bulannya.

Tips Aman Kredit Motor untuk Anda yang Belum Berpengalaman
Tips Aman Kredit Motor (Gambar: suzuki.co.id/motorcycle) 

Penting untuk mengetahui harga dari motor sebelum kredit. Misalnya saja kisaran harga motor merk Suzuki Nex Crossover yang mulai dari Rp. 19.350.000. Anda harus memperhitungkan tenor dan juga bunga baru ketemu biaya cicilan dan uang muka. 

Kredit motor bukanlah perkara sepele, oleh karena itu Anda harus memperhitungkannya dengan matang agar tidak merasa dirugikan. Tips berikut akan membantu Anda untuk mendapatkan kredit aman. 

7 Tips Aman saat Mengambil Kredit Motor agar Tidak Rugi 

Sistem kredit kendaraan memanfaatkan perusahaan leasing untuk memberikan dana pinjaman kepada masyarakat. Perusahaan leasing yang akan membayar lunas motor, lalu Anda harus membayar ke perusahaan leasing tersebut tentunya dengan bunga. 

Biasanya kredit motor memiliki tenor maksimal 3 tahun dan dp sekecil-kecilnya. Dengan begitu bunga akan menjadi lebih tinggi. Anda mungkin akan merasa dirugikan dengan bunga yang besar ini. 

Tidak perlu khawatir soal bunga kredit, karena dengan beberapa tips berikut Anda tidak akan merasa dirugikan. 

1. Memberikan Uang Muka Maksimal 

Tidak ingin rugi membayar banyak bunga dengan tenor panjang? Pada bisa memberikan uang muka sebanyak mungkin atau sampai batas maksimal. Uang muka akan mengurangi biaya sisa motor dan juga bunganya. 

Ditambah lagi ketika biaya semakin sedikit maka Anda akan mendapat kesempatan memilih tenor paling singkat. Semakin cepat membayar tentu akan lebih aman Anda dalam hal membayar cicilan. 

2. Memilih Tenor yang Pendek 

Tidak bisa memberikan uang muka sampai batas maksimal? Anda bisa memilih pembayaran dengan tenor paling pendek. Ada dua alasan mengapa Anda harus memilih jalur ini. Pertama agar waktu kredit terlalu lama yang merugikan keuangan Anda. 

Kedua adalah pengajuan kredit yang akan lebih cepat diterima. Perusahaan leasing lebih suka dengan pengguna layanannya yang rutin dan disiplin dalam membayar. Dengan begitu uang mereka akan segera kembali dan bisa diputarkan lagi. 

3. Memanfaatkan Fitur Simulasi Kredit

Saat ini Anda tidak lagi kesulitan untuk mengetahui skema kredit dari motor atau bahkan mobil. Setiap dealer biasanya sudah menyiapkan skema simulasi kredit yang memudahkan Anda untuk memilih uang muka dan juga tenor. 

Anda tidak memasukan saja data kendaraan yang ingin dibeli, memilih jumlah uang muka dan juga tenor. Maka jumlah biaya cicilan per bulannya akan langsung terlihat. Fitur ini sangat membantu Anda yang sedang menimbang-nimbang untuk kredit. 

4. Pastikan Anggaran Anda Tercukupi Setiap Bulannya

Bukan hanya produk motor saja yang diperhatikan, tetapi juga kondisi keuangan Anda selama menjalani kredit. Anda bisa membuat anggaran keuangan selama satu atau dua tahun kedepan sesuai tenor yang ingin diambil. 

Pastikan terlebih dahulu bahwa Anda sudah memenuhi kebutuhan pokok. Baru setelah itu Anda bisa menentukan berapa uang yang bisa disisihkan untuk membayar cicilan tersebut. 

5. Memilih Leasing yang Terbaik 

Setiap perusahaan leasing sudah bekerja sama dengan hampir semua dealer motor. Kesempatan ini harus Anda manfaatkan untuk memperoleh informasi mengenai kualitas perusahaan leasing tersebut. 

Anda bisa menanyakannya kepada sales motor manakah leasing yang bisa dipilih oleh konsumennya. Kenali kelebihan dan kekurangan dari masing-masing perusahaan leasing tersebut. 

6. Memperhatikan Soal Asuransi Motor 

Tidak banyak masyarakat yang membeli motor memperhatikan soal asuransi ini. Padahal asuransi akan menjamin kejadian yang tidak diinginkan ketika menggunakan motor. Asuransi akan melindungi aset berharga ini baik yang baru  atau tidak. 

Apalagi jika Anda akan menggunakan motor sering seperti setiap hari untuk bekerja. Anda harus mempertimbangkan untuk mengikuti asuransi. 

7. Menyesuaikan Motor dengan Kebutuhan 

Tips untuk kredit yang terakhir adalah menyesuaikan jenis motor yang dibeli dengan kebutuhan. harga motor sangat bervariasi tergantung dengan jenis dan merknya. Oleh karena itu Anda harus mempertimbangkan mana motor yang tepat dengan kebutuhan. 

Jangan memaksakan diri untuk membeli motor mahal hanya karena alasan tampilannya yang keren. Anda harus memilih motor yang pas dengan kebutuhan harian penggunaannya. 

Pemilihan motor baru dengan sistem pembayaran kredit jadi acuan utama. Harga motor akan menentukan berapa cicilannya, jadi Anda harus teliti sebelum membeli.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel