-->

Biografi Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama, Pemerhati Pendidikan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia

Biografi Roehana Koeddoes, Roehana Koeddoes atau juga dikenal dengan nama Ruhana Kuddus merupakan wartawan perempuan pertama di Indonesia. Hari ini Google memperingati hari ulang tahun kelahirannya yang ke-137 tahun dengan menandai halaman pertama Google Doodle menggunakan foto pahlawan nasional Roehana Koeddoes.
Biografi Roehana Koeddoes
Roehana Koeddoes (Gambar: Google Doodle)
Selain aktif sebagai wartawati, Ruhana Kuddus juga aktif di bidang pendidikan. Ruhana juga sering menulis untuk surat kabar perempuan yaitu Poetri Hindia, yang kala itu nusantara masih bernama Hindia Belanda dan berada dalam pemerintahan kerajaan Belanda.

Roehana Koeddoes mendirikan surat kabar sendiri yang bernama Soenting Melajoe (Sunting Melayu) dan menjadi salah satu surat kabar perempuan pertama di Indonesia.

BIODATA SEMASA HIDUP ROEHANA KOEDDOES (RUHANA KUDDUS)
  • Nama : Roehana Koeddoes (Ruhana Kuddus)
  • Tempat Tanggal Lahir: Sumatra Barat (Hindia Belanda), 20 Desember 1884
  • Meninggal Dunia: Jakarta (Indonesia), 17 Agustus 1972 (72 Tahun)
  • Pekerjaan: Wartawan dan Pendidik
Ruhana Kuddus mendapatkan gelar Pahlawan Nasional yang diberikan oleh pemerintah Indonesia melalui Presiden Joko Widodo, Gelar Pahlawan Nasional tersebut diterimakan kepada cucu beliau sekaligus perwakilan ahli waris dari Ruhana Kuddus yaitu Janeydy. (Sumber: Wikipedia)

Belum ada Komentar untuk "Biografi Roehana Koeddoes, Wartawati Pertama, Pemerhati Pendidikan sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel