-->

Sejarah 5 Mei Hari Bidan Internasional

Sejarah 5 Mei Hari Bidan Internasional “International Day Of The Midwife”

Hari Bidan Internasional, Tahukah Anda? Setiap tanggal 5 Mei seluruh negara memperingati Hari Bidan Internasional atau International  Day Of Midwife. Peringatan tersebut tentu saja untuk mengampanyekan begitu pentingnya peran seorang bidan dalam kehidupan manusia yang berhubungan dengan persalinan serta kesehatan reproduksi.

Artikel ini disadur dari website sejarah hari-hari penting www.enkosa.com.

Lalu, mengapa Hari Bidan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Mei? Simak berikut sejarah dibalik hari tersebut.

Sejarah 5 Mei Hari Bidan Internasional
Hari Bidan Internasional (Gambar: freepik)

Inilah Sekilas Sejarah 5 Mei Hari Bidan Internasional 

Tanggal 5 Mei memang telah ditetapkan sebagai Hari Bidan Internasional atau secara global disebut dengan “International Day Of The Midwife”. Seperti yang kita tahu bahwa profesi bidan sudah seharusnya mendapatkan penghargaan. Hal ini disebabkan melalui seorang bidanlah seorang anak manusia bisa dilahirkan didunia (disamping kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa). 

Awalnya, gagasan Hari Bidan Internasional ini diusulkan oleh delegasi Amerika yang kemudian dibahas oleh Asosiasi Kebidanan Internasional pada tahun 1987 dalam Kongres Bidan Internasional. Gagasan ini tentu saja bertujuan untuk menghormati jasa serta mengenal tentang peranan seorang bidan. 

Namun sayang, inisiatif tersebut membutuhkan waktu yang sangat panjang dan melalui sistem dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Setelah melewati waktu yang cukup panjang, hingga akhirnya pada tahun 1992 diresmikanlah tanggal 5 Mei sebagai Hari Bidan Internasional.

Bidan sebagai tenaga kesehatan memang harus selalu berada di garis terdepan dalam melayani kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi dan KB. Bidan telah berperan sangat besar terhadap penyelenggaraan layanan kesehatan terutama dalam kesehatan reproduksi. Namun sayang, hingga saat ini masih banyak diantaranya masyarakat yang belum mengetahui peran penting dari bidan. Sehingga peringatan perayaan Hari Bidan Internasional menjadi bagian penting yang harus dirayakan untuk mengkampanyekan begitu pentingnya peran seorang bidan. 

Peringatan Hari Bidan Internasional pertama diperingati pada tanggal 5 Mei 1991 dengan mengusung tema “Menuju Kelahiran Yang Aman Untuk Semua Pada Tahun 2000”. Setelah perayaan pertama ini, maka setiap tanggal 5 Mei sering diadakan peringatan Hari Bidan Internasional dengan berbagai tema yang diusung. 

Tujuan Utama Memperingati  Hari Bidan Internasional 5 Mei

Memperingati Hari Bidan Internasional yang jatuh pada tanggal 5 Mei dalam setiap tahunnya merupakan upaya positif yang dilakukan untuk kesehatan bangsa. Hari Bidan Internasional ini dirayakan tentu untuk meningkatkan kesadaran tentang peran bidan dan untuk memenuhi kebutuhan profesi bidan seluruh dunia. 

Selain itu, terdapat tujuan utama lainnya dalam memperingati Hari Bidan Internasional tanggal 5 Mei. Berikut beberapa diantaranya: 

  • Sebagai wujud penghargaan atas jasa bidan dalam berkontribusi pada mukjizat kelahiran dan kesejahteraan ibu dan anak. 
  • Sebagai wujud pemahaman dan pengertian terhadap profesi bidan. Bidan adalah pengasuh utama bagi para wanita serta bayi yang baru lahir selama kehamilan dan setelah melahirkan. 
  • Sebagai suatu cara untuk memperingati bahwa dengan adanya bidan, kematian dikarenakan proses persalinan semakin berkurang (Disamping kehendak Tuhan Yang Maha Esa). 

Sejalan dengan tujuan-tujuan diatas, Hari Bidan Internasional memang menjadi bagian penting secara global yang harus selalu diperingati. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperingati Hari Bidan Internasional setiap tahunnya salah satunya yaitu mengkampanyekan peran pentingnya bidan untuk kesehatan dan kelancaran persalinan. 

Kampanye tersebut bisa Anda share di media sosial agar jangkauannya lebih luas agar semakin banyak orang yang memperingati hari tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cara lainnya untuk  memperingati hari bersejarah tersebut. Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close