-->

Pelajari Definisi dan Jenis Sistem Informasi Bisnis

Pelajari Definisi dan Jenis Sistem Informasi Bisnis
Sistem Informasi Bisnis (Gambar: Hypernet.co.id)

Definisi dan Jenis Sistem Informasi Bisnis, Sistem informasi bisnis menjadi bagian kesatuan yang terus mengalami perubahan, bahkan memberikan tantangan baru dari waktu ke waktu. Dimana bisnis modern tidak akan bisa bertahan lebih lama tanpa menggunakan sistem informasi. Tujuannya adalah untuk mengolah data dalam jumlah besar dan memberikan banyak informasi agar dapat belajar dan bekerja lebih disiplin. 

Sistem informasi sendiri termasuk seperangkat prosedur gabungan yang digunakan untuk mengumpulkan dan menghasilkan data relevan serta terorganisir dengan baik. Informasi yang lebih lengkap dapat Anda simak dalam ulasan berikut mengenai definisi sistem informasi dalam bisnis, langsung saja simak informasinya pada ulasan berikut ini.

Definisi dan Jenis Sistem Informasi Bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, sistem informasi juga mengalami perkembangan dalam kegiatan perekonomian dan strategi penyelenggaraan pembangunan. Dimana keberadaan sistem informasi mendukung kinerja peningkatan yang lebih efisiensi, efektivitas dan produktivitas. 

Sistem informasi sendiri merupakan sistem yang melayani berbagai transaksi bisnis. Adapun beberapa jenis sistem informasi bisnis yang berkembang di berbagai perusahaan. Biasanya sistem ini terdapat di departemen khusus seperti akuntansi, pemasaran, penjualan, produksi dan sumber daya manusia. Berikut beberapa jenis sistem informasi dalam bisnis yang wajib Anda ketahui. 

Sistem Penjualan Dan Pemasaran 

Pertama, fungsi penjualan dan pemasaran bertanggung jawab dalam menjual produk atau jasa perusahaan. Tentunya, dengan memperhatikan pengenalan pelanggan produk atau jasa, menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Selain itu sistem penjual juga harus Anda perhatikan, dengan menghubungi pelanggan yang menjual produk dan jasa serta mengambil pesanan. Sehingga sistem informasi penjual dan pemasaran sales and marketing system dapat mendukung proses bisnis Anda.

Sistem Manufaktur dan Produksi

Kedua, manufaktur dan produksi bertanggung jawab dalam memproduksi barang dan jasa perusahaan. Biasanya sistem ini berhubungan dengan perencanaan, pengembangan dan pemeliharaan fasilitas produksi. Jadi sistem manufaktur dan produksi atau manufacturing and production information system juga sangat mendukung aktivitas bisnis.

Sistem Keuangan dan Akuntansi

Ketiga, keuangan bertanggung jawab mengelola aset keuangan perusahaan baik uang tunai, saham, obligasi dan investasi. Dimana fungsi akuntansi bertanggung jawab menjaga dan mengelola catatan keuangan perusahaan penerimaan, pembayaran, depresiasi, penggajian untuk menghitung arus dana dalam perusahaan.

Sistem Sumber Daya Manusia

Keempat, sumber daya manusia bertanggung jawab untuk menambah daya tarik konsumen, serta mengembangkan dan mempertahankan tenaga kerja perusahaan. Dimana sistem informasi sumber daya manusia atau human resources information system dapat mendukung aktivitas perusahaan.

Sekarang sistem informasi bisnis memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang kegiatan bisnis Anda. Mulai dari penyusunan strategi yang kompetitif, pengambilan keputusan hingga melakukan pemasaran perusahaan. Apalagi sekarang sudah ada Hypernet yang hadir, untuk melayani, menyediakan dan mengelola sumber daya informasi bisnis. Selain itu Hypernet juga bermitra dengan berbagai perusahaan teknologi terpercaya guna menjamin kualitas produk dan layanannya. Salah satunya teknologi kesehatan yang memberikan layanan kesehatan tanpa ribet. Untuk itu percayakan berbagai kebutuhan teknologi masa kini dengan Hypernet sekarang juga!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel