Profil Pemain sepak bola Neymar da Silva Santos Júnior

Profil Pemain sepak bola Neymar da Silva Santos Júnior
Neymar Junior
Profil Neymar Junior, Neymar da Silva Santos Júnior, umumnya dikenal sebagai Neymar Jr. atau sekadar Neymar , adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1 Paris Saint- Germain dan tim nasional Brasil . Dia secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik di dunia.

Neymar menjadi terkenal pada usia dini di Santos , di mana ia melakukan debut profesionalnya pada usia 17 tahun. Ia membantu klub memenangkan dua kejuaraan Campeonato Paulista berturut-turut, Copa do Brasil , dan Copa Libertadores 2011 , dengan yang terakhir menjadi Santos pertama sejak 1963. Neymar dua kali dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Amerika Selatan , pada 2011 dan 2012 , dan segera pindah ke Eropa untuk bergabung dengan Barcelona.

Sebagai bagian dari trio serang Barca dengan Lionel Messi dan Luis Suárez , ia memenangkan treble kontinental La Liga, Copa del Rey , dan Liga Champions UEFA , dan finis ketiga untuk Ballon d'Or FIFA 2015 untuk penampilannya. Dia kemudian mencapai dua kali lipat domestik di musim 2015-16. Pada 2017, Neymar ditransfer dari Barcelona ke Paris Saint-Germain dengan nilai transfer € 222 juta, menjadikannya pemain termahal yang pernah ada . Di Prancis, ia memenangkan dua gelar liga, Coupe de France , dan Coupe de la Ligue , yang termasuk treble domestik dan terpilih sebagai Pemain Terbaik Tahun Ini Ligue 1 , di musim debutnya. Musim kedua Neymar dengan PSG penuh dengan cedera dan ditandai oleh kontroversi.

Dengan 61 gol dalam 101 pertandingan untuk Brasil sejak debut pada usia 18, Neymar adalah pencetak gol tertinggi ketiga untuk tim nasionalnya, hanya tertinggal Pelé dan Ronaldo. Dia adalah pemain kunci dalam kemenangan Brasil di Kejuaraan Pemuda Amerika Selatan 2011 , di mana ia selesai sebagai pencetak gol terbanyak, dan Piala Konfederasi FIFA 2013 , di mana ia memenangkan Bola Emas sebagai pemain turnamen.

Keikutsertaannya dalam Piala Dunia FIFA 2014 dan Copa América 2015 masing-masing dipotong oleh cedera dan penskorsan, tetapi, pada tahun berikutnya, ia menjadi kapten Brasil untuk medali emas Olimpiade pertama mereka di sepakbola pria di Olimpiade Musim Panas 2016 , dan dua tahun kemudian, tampil di Piala Dunia FIFA 2018 .

Di luar lapangan, Neymar berada di antara olahragawan paling terkemuka di dunia; SportsPro menamainya sebagai atlet paling laku di dunia pada tahun 2012 dan 2013, dan ESPN menyebut dia sebagai atlet paling terkenal keempat di dunia pada 2016. Pada 2017, Neymar dimasukkan oleh Time dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia. Pada tahun 2018, Sepakbola Prancis menempatkan Neymar sebagai pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia, dan pada tahun 2019, Forbes menempatkannya sebagai atlet dengan bayaran tertinggi ketiga di dunia.

Neymar da Silva Santos Júnior lahir di Mogi das Cruzes , São Paulo , dari Neymar Santos Sr. dan Nadine da Silva. Dia mewarisi namanya dari ayahnya, yang adalah mantan pemain sepak bola dan menjadi penasihat putranya ketika bakat Neymar mulai tumbuh. Neymar berkomentar tentang peran ayahnya: "Ayahku telah berada di sisiku sejak aku masih kecil. Dia mengurus banyak hal, keuanganku, dan keluargaku. Tumbuh dewasa, Neymar memadukan kecintaannya pada futsal dengan sepak bola jalanan.

Pada tahun 2003, Neymar pindah bersama keluarganya ke São Vicente , di mana ia mulai bermain untuk tim pemuda Portuguesa Santista .  Kemudian, kemudian pada tahun 2003, mereka pindah ke Santos , tempat Neymar bergabung dengan Santos FC.  Dengan kesuksesan karier mudanya dan penghasilan tambahan, keluarga membeli properti pertama mereka, sebuah rumah di sebelah Vila Belmiro. Kualitas kehidupan keluarga mereka meningkat, pada usia 15, Neymar menghasilkan 10.000 reais per bulan dan pada 16, 125.000 reais per bulan. Pada usia 17, ia menandatangani kontrak profesional penuh pertamanya, ditingkatkan ke tim utama Santos, dan mulai menandatangani kesepakatan sponsor pertamanya.

Biodata Neymar Junior
  • Nama: Neymar da Silva Santos Júnior 
  • Tempat Tgl lahir: Mogi das Cruzes, Brasil 5 Februari 1992 
  • Tinggi: 1,75 m
  • Instagram: @neymarjr
  • Pengikut IG : 131 Juta Followers
Karir Klub

Neymar mulai bermain sepak bola pada usia dini dan dia segera terlihat oleh Santos FC yang menawarkan dia kontrak pada tahun 2003, di mana dia dilantik ke akademi muda mereka, yang, di masa lalu, menghasilkan pemain internasional Brasil seperti Coutinho , Clodoaldo, Diego, Elano dan Alex . Dia juga bergabung dengan pemain seperti Pepe, Pelé dan Robinho dalam memulai karirnya di klub, dijuluki Peixe.  Saat berada di akademi pemuda, Neymar bertemu Paulo Henrique Ganso , menjadi teman baik dalam proses tersebut. Berusia 14, Neymar melakukan perjalanan ke Spanyol untuk bergabung dengan tim pemuda Real Madrid, pada saat Real memiliki bintang seperti Ronaldo , Zinedine Zidane, David Beckham , Roberto Carlos dan Robinho.

2009: Musim debut

Neymar melakukan debut profesionalnya pada 7 Maret 2009, meskipun baru berusia 17 tahun; dia dibawa selama tiga puluh menit terakhir, dalam kemenangan 2-1 melawan Oeste .  Minggu berikutnya ia mencetak gol pertamanya untuk Santos melawan Mogi Mirim . Satu bulan kemudian, pada 11 April, Neymar mencetak gol penentu dalam kemenangan 2-1 melawan Palmeiras di leg pertama semifinal Campeonato Paulista 2009.  Di final, bagaimanapun, Santos menderita kekalahan agregat 4-2 untuk Korintus .  Di musim pertamanya, Neymar mencetak 14 gol dalam 48 pertandingan.

2010: Campeonato Paulista sukses

Neymar melanjutkan kekuasaannya pada 2010, dan, pada 15 April 2010, ia mencetak lima gol untuk Santos dalam kemenangan 8-1 atas Guarani di babak kualifikasi Piala Brasil. Mengikuti Campeonato Paulista 2010 di mana Neymar mencetak 14 gol dalam 19 pertandingan, [19] klub dimahkotai juara setelah kemenangan agregat 5–5 atas Santo André di final. Neymar kemudian diberikan penghargaan untuk pemain terbaik di kompetisi. Penampilan Neymar untuk Santos telah menarik perbandingan dengan pemain Brasil lainnya, termasuk Robinho dan legenda Brasil Pelé.

Pada 2010, Santos menolak tawaran 12 juta poundsterling untuknya dari tim Liga Premier Inggris West Ham United,  dan kemudian tawaran dari klub Inggris lainnya, Chelsea , dilaporkan berada di wilayah 20 juta poundsterling.  Meskipun Santos tidak mau menjual dan Neymar sendiri bersikeras "Saya hanya fokus pada Santos",  agennya, Wagner Ribeiro, mengindikasikan bahwa karier Neymar ada di tempat lain, dengan menyatakan "Dia ingin menjadi pemain terbaik di dunia." Peluangnya melakukan itu saat bermain di Brasil adalah nol. " Meskipun satu tahun kemudian Neymar mengakui, dalam sebuah wawancara dengan Daily Telegraph , bahwa ia senang dengan minat Chelsea padanya karena itu adalah "impian" -nya "bermain di Eropa", sementara itu juga menyatakan bahwa di waktu itu adalah keputusan yang tepat untuk tinggal di Brasil. 

Pada 30 November 2010, Santos menjual 5% biaya transfer di masa depan yang akan ia terima ke grup investasi, Terceira Estrela Investimentos SA (TEISA), seharga R $ 3,549.900 (€ 1,5 juta). Tahun sebelumnya, keluarganya telah menjual 40% saham hak olahraga Neymar kepada kelompok DIS Esporte yang telah menjadi mitra strategis jangka panjang klub sepakbola Santos.

Meskipun dua musim pertamanya sangat sukses, setelah mengakhiri musim 2010 dengan 42 gol yang mengesankan dalam 60 pertandingan, masalah telah diidentifikasi, yaitu selera jelas Neymar untuk menyelam ketika ditangani, alih-alih berusaha untuk terus berlari, dan sikapnya. Yang terakhir datang ke garis depan selama pertandingan dengan Atlético Goianiense , pada 15 September 2010, ketika manajer Santos, Dorival Júnior , menunjuk pemain lain untuk mengambil penalti yang diberikan karena melakukan pelanggaran terhadap Neymar. 

Keputusannya didasarkan pada kenyataan bahwa Neymar telah melewatkan penalti penting selama final Copa do Brasil tahun itu, bahkan jika Santos kemudian menang. Menanggapi hal ini, Neymar memunggungi manajernya, harus ditenangkan oleh hakim garis dan berdebat dengan kaptennya, Edu Dracena . Dampak dari acara ini adalah bahwa Dorival Júnior ingin Neymar ditangguhkan selama dua minggu, tetapi dewan memihak pemain dan segera memecat manajer. Meskipun Neymar meminta maaf atas insiden itu, beberapa keraguan masih tetap tentang sikapnya.  Pada bulan Desember 2010, dalam usia 18 tahun, Neymar berada di posisi ketiga untuk Pemain Sepak Bola Amerika Selatan 2010 , di belakang Andrés D'Alessandro dan Juan Sebastián Verón .

2011: Penghargaan Puskás

Neymar mencetak enam gol selama Santos berjalan ke Final Copa Libertadores 2011 , mengikatnya untuk pencetak gol terbanyak ketiga,  termasuk tujuan meraih kemenangan agregat 4-3 Santos atas Cerro Porteno di semi-final. [36] Di final berkaki dua, Santos menghadapi tim Uruguay Peñarol dan bermain imbang pertama 0-0 di Montevideo . Di rumah di leg kedua, Neymar membuka skor di menit ke-46 saat Santos bertahan untuk kemenangan 2-1 dan Neymar memenangkan penghargaan Man of the Match. Kemenangan itu membawa Santos kemenangan Copa Libertadores pertama mereka sejak 1963, ketika legenda Brasil Pelé bermain untuk klub.

Pada September 2011, presiden klub Santos Luís Ribeiro mengancam akan melaporkan Real Madrid ke FIFA menyusul laporan bahwa mereka telah berusaha untuk menandatangani Neymar dengan perjanjian pra-kontrak, dan membantah bahwa perjanjian seperti itu sudah ada. Pada tanggal 9 November 2011, Neymar dan Santos menyetujui perpanjangan kontrak yang akan membuat pemain tetap bersama klub sampai setelah Piala Dunia 2014 di Brasil. 

Kesepakatan itu dilaporkan meningkatkan upah Neymar sebesar 50%, ke level yang akan dibayar klub-klub top Eropa. Pada 14 Desember 2011, Neymar mencetak gol pembuka untuk Santos ketika mereka mengalahkan Kashiwa Reysol 3-1 di semi-final Piala Dunia Klub FIFA di Stadion Toyota di Toyota , Jepang, tetapi gagal mencetak gol melawan Barcelona di final pada 18 Desember 2011, di mana Santos dikalahkan 4-0, berakhir sebagai runner-up di kompetisi.  Ia memenangkan FIFA Puskás Award 2011 karena mencetak gol solo di Brasileirão Série A melawan Flamengo , dengan kerugian 5-4. Pada 31 Desember 2011, ia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Amerika Selatan 2011 untuk pertama kalinya, dengan selisih rekor, mengikuti jejak Diego Maradona , Romário , Pelé dan Zico. 

2012: pemain terbaik Amerika Selatan

Pada 5 Februari 2012, ketika ia berusia 20 tahun, Neymar mencetak gol ke-100 sebagai pemain sepak bola profesional, melawan Palmeiras di Campeonato Paulista.  Pada 25 Februari 2012 - ia mencetak dua gol, salah satunya dari 25 meter - dan menciptakan dua assist untuk membantu timnya meraih kemenangan 6-1 atas Ponte Preta.  Pada tanggal 7 Maret 2012, Neymar menyarangkan hat-trick saat Santos mengalahkan rival Brazil Internacional 3-1 dalam pertandingan penyisihan grup Copa Libertadores Group. 

Pada tanggal 29 Maret, ia mencetak dua gol melawan Guaratinguetá dalam kemenangan 5-0. [50] Dalam pertandingan melawan São Paulo pada 29 April 2012, Neymar mencetak hat-trick dengan pertandingan berakhir 3-1. Setelah itu, ia mencetak dua gol di leg pertama dan kedua di Final Campeonato Paulista 2012 melawan Guarani , yang berakhir dengan agregat 7-2. Neymar menyelesaikan Campeonato Paulista 2012 dengan 20 gol dan terpilih sebagai Pemain Terbaik dan Penyerang Terbaik, dan Santos dinobatkan sebagai juara. Dia adalah pencetak gol terbanyak bersama di Copa Libertadores dengan delapan gol, setelah Santos dikalahkan lebih dari dua kaki oleh akhirnya juara Corinthians di semi-final.

Pada 25 Agustus 2012, ia mencetak dua gol dalam kemenangan tandang 2-1 di Palmeiras. Pada 3 November 2012, di Brasileiro Série fixture tandang di Cruzeiro , Neymar mencetak hat-trick dan membantu gol Felipe Anderson , untuk membantu timnya meraih kemenangan 4-0.  Neymar menyelesaikan musim 2012 dengan penuh gaya, pertama-tama menyamakan kedudukan Victor Andrade , kemudian mencetak dua gol, untuk memberi Santos kemenangan kandang 3-1 atas Palmeiras pada 1 Desember 2012. 

Neymar terpilih sebagai yang Terbaik Pemain Recopa Sudamericana 2012 , dengan dirinya mencetak gol pada leg kedua untuk memenangkan gelar agregat 2-0. Dia menyelesaikan Campeonato Brasileiro Série A 2012 dengan 14 gol dan terpilih sebagai Penyerang Terbaik. Neymar menyelesaikan musim 2012, menjadi penghargaan Golden Ball , Arthur Friedenreich Award dan Armando Nogueira Trophy. 

Dia adalah satu dari tiga finalis dalam FIFA Puskás Award 2012 dan menjadi runner-up di belakang Miroslav Stoch . Dia memenangkan Pemain Sepakbola Amerika Selatan 2012 , mempertahankan penghargaannya dan memenangkannya di depan orang-orang seperti Ronaldinho . Laporan muncul pada 2011 bahwa Santos mencapai kesepakatan dengan Barcelona untuk mengontraknya di tahap selanjutnya. Neymar, bagaimanapun, menolak ini dalam sebuah wawancara, mengatakan bahwa dia "tidak memiliki perjanjian dengan Barcelona atau siapa pun".

2013: Musim terakhir

Neymar memulai Campeonato Paulista 2013 dengan mencetak dua gol di pertandingan pertama, yang mengakhiri kemenangan 3-1 atas São Bernardo pada 19 Januari 2013. Empat hari kemudian pada 23 Januari 2013, Neymar kembali mencetak gol melawan Botafogo dengan kemenangan 3-0. Pada 3 Februari 2013, dalam pertandingan Paulista melawan São Paulo, di mana Santos menang 3-1, dengan Neymar mencetak gol dan membuat dua assist.  pada 18 Maret 2013, Neymar mengatakan bahwa ia memiliki "mimpi bermain di Eropa, untuk klub besar seperti Barcelona, ​​Real Madrid dan Chelsea." Tetapi dia melanjutkan dengan mengatakan, "Tidak ada gunanya berspekulasi kapan aku akan meninggalkan Santos. Aku akan pergi ketika aku mau."

Neymar mencetak keempat gol, yang lainnya dianulir dan membentur tiang saat Santos mengalahkan União Barbarense 4-0 di Paulista pada 13 April. Pada 25 April 2013, agen dan ayahnya mengungkapkan bahwa Neymar berniat untuk pergi ke Eropa sebelum Piala Dunia FIFA 2014. Menjelang pertandingan terakhirnya untuk Santos, pada 26 Mei melawan Flamengo, Neymar menangis selama lagu kebangsaan.

Barcelona

Pada 24 Mei 2013, Santos mengumumkan bahwa mereka telah menerima dua penawaran untuk Neymar. Hari berikutnya, Neymar mengumumkan ia akan menandatangani kontrak dengan Barcelona pada 27 Mei 2013 dan bergabung dengan tim setelah bermain di Piala Konfederasi FIFA 2013 . Baik Neymar maupun klub tidak merilis rincian tentang biaya transfer atau persyaratan pribadi, kecuali mengatakan dia menandatangani kontrak lima tahun. Pada 3 Juni 2013, Neymar diresmikan oleh Barcelona setelah melewati tes medis dan menandatangani kontrak yang akan membuatnya tetap di klub hingga Juni 2018.

Neymar dipresentasikan di Camp Nou di depan 56.500 penggemar, rekor jumlah pemain Brasil. Wakil presiden klub Josep Maria Bartomeu awalnya mengatakan biaya transfer Neymar adalah € 57,1 juta dan klausul pembebasannya ditetapkan sebesar € 190 juta. Dokter Barcelona menyarankan ia mungkin perlu menambah berat badan untuk dapat mengatasi secara fisik dalam sepakbola Spanyol.

Investigasi transfer

Pada Januari 2014, kantor kejaksaan di Madrid mulai menyelidiki biaya transfer yang dibayarkan Barcelona untuk Neymar. Dokumen-dokumen yang diserahkan kepada pihak berwenang atas permintaan berisi informasi yang saling bertentangan. Pada 23 Januari 2014, Rosell mengundurkan diri dari posisinya sebagai presiden. Sehari kemudian, rincian transfer diungkapkan oleh Barcelona; transfer itu sebenarnya menelan biaya € 86,2 juta ( £ 71,5 juta), dengan orang tua Neymar yang dikonfirmasi telah menerima jumlah € 40 juta. Setelahnya, Barcelona dan Bartomeu didakwa melakukan penipuan pajak.

2013–14: Beradaptasi dengan Spanyol

Pada 30 Juli 2013, Barcelona bermain imbang 2-2 melawan Lechia Gdańsk dalam pertandingan persahabatan pramusim; Neymar melakukan debut tidak resmi ketika ia masuk sebagai pemain pengganti.  Ia mencetak gol pertamanya untuk klub dalam kemenangan 7-1 melawan Thailand XI pada 7 Agustus.

Neymar melakukan debut kompetitif untuk Barcelona selama pertandingan pembukaan musim La Liga 2013-14 sebagai pengganti 63 menit untuk Alexis Sánchez dalam kemenangan 7-0 melawan Levante . Pada 21 Agustus, ia mencetak gol kompetitif pertamanya untuk klub pada leg pertama Supercopa de España 2013 melawan Atlético Madrid : tujuh menit setelah masuk sebagai pemain pengganti Pedro , ia menyundul umpan silang Dani Alves untuk menyamakan kedudukan di hasil imbang 1–1 di Stadion Vicente Calderón saat Barcelona menang dalam aturan gol tandang untuk trofi pertamanya di klub. Pada tanggal 18 September, ia melakukan debutnya di Liga Champions UEFA , membantu gol Gerard Piqué saat Barca mengalahkan Ajax 4-0 dalam pertandingan pembuka mereka pada turnamen 2013-14 .

Enam hari kemudian, Neymar mencetak gol pertamanya di La Liga saat Barcelona kalah 4-1 dari Real Sociedad di Camp Nou. Pada tanggal 26 Oktober, ia membuat penampilan pertama El Clásico , mencetak gol pembuka dan membantu gol kemenangan tim yang dicetak oleh Alexis Sánchez ketika Barcelona mengalahkan Real Madrid 2-1 di Camp Nou. Pada 11 Desember, Neymar mencatat tiga gol pertamanya di Liga Champions saat ia mencetak hat-trick dalam kemenangan 6-1 atas Celtic dalam pertandingan Grup H terakhir Barcelona.

2014–15: Treble dan kesuksesan individu

Pada 13 September 2014, setelah tampil sebagai pemain pengganti, Neymar mencetak dua gol pertamanya musim 2014-15 , membantu Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 2-0. Pada 27 September, ia mencetak hat-trick ke gawang Granada dengan kemenangan 6-0 dan mencetak gol dalam tiga pertandingan La Liga berikutnya, termasuk gol pembuka saat kalah 1-3 dari Real Madrid di Estadio Santiago Bernabéu.

Pada 24 Januari 2015, Neymar mencetak dua gol dan membantu dua gol lagi dalam kemenangan 6-0 di Elche . Pada 28 Januari, ia mencetak gol ke-20nya musim ini dalam kemenangan 3-2 Copa del Rey perempat final atas Atlético Madrid. Pada 4 Maret, Neymar mencetak dua gol dalam kemenangan 3-1 Barcelona semi final Copa del Rey atas Villarreal untuk lolos ke klub untuk final Piala Spanyol ke-37. Pada 21 April, Neymar mencatatkan 30 gol untuk musim ini dengan mencetak dua gol dalam kemenangan 2-0 Barcelona di perempat final Liga Champions atas Paris Saint-Germain.

Pada bulan Mei, bulan penutupan musim, Neymar mencetak gol terakhir dalam kemenangan 3-0 melawan Bayern Munich di leg pertama semifinal Liga Champions. Seminggu kemudian, ia mencetak kedua gol tim dalam kekalahan 3-2 di leg kedua di Allianz Arena untuk memastikan Barca lolos ke Final Liga Champions UEFA 2015. Ia juga membuka skor dengan sundulan dalam kemenangan liga 2-0 melawan Real Sociedad, hasil yang memberi Barca keunggulan empat poin atas Real Madrid dengan hanya dua pertandingan tersisa.

Setelah mengamankan gelar liga pada 17 Mei dengan kemenangan 1-0 atas Atlético Madrid di Vicente Calderón, Barcelona mengalahkan Athletic Bilbao 3-1 di Camp Nou di Final Copa del Rey 2015 pada 30 Mei, dengan Neymar mencetak gol kedua untuk Barca. Dengan kemungkinan kemenangan Barcelona, ​​ia melakukan trik dengan bola di tahap akhir pertandingan, yang dianggap tidak sportif oleh lawannya Andoni Iraola . Manajer Barcelona Luis Enrique mengklaim bahwa harus dipahami bahwa perilaku seperti itu dapat diterima di Brasil, sementara Neymar sendiri tidak meminta maaf.

Pada 6 Juni 2015, Neymar mencetak gol ketiga untuk Barca dalam kekalahan final Liga Champions 3-1 dari juara Italia Juventus di Olympiastadion Berlin, memastikan klub memenangkan Piala Eropa kelima. Ini membuat Barcelona menjadi klub pertama dalam sejarah yang memenangkan treble liga domestik, piala domestik dan Piala Eropa dua kali. Dengan catatan pribadi, ia menjadi pemain kedelapan dalam sejarah sepakbola yang memenangkan Copa Libertadores dan Liga Champions UEFA, dan pemain pertama yang mencetak gol dalam kemenangan akhir di kedua kompetisi.

Neymar mengakhiri musim dengan 39 gol di semua kompetisi dan 10 di Liga Champions, membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak bersama Cristiano Ronaldo dan rekan setimnya Lionel Messi di kompetisi terakhir. Ia adalah pemain pertama selain dari keduanya yang berada di atas daftar skor kompetisi, sejak rekan senegaranya Kaká pada 2006-07.  Trio serang Barcelona dari Messi, Luis Suárez dan Neymar, dijuluki "MSN", berakhir dengan 122 gol, terbanyak dalam satu musim untuk trio serang dalam sejarah sepakbola Spanyol.

2015–16: Domestik ganda

Neymar diperkirakan akan melewatkan Piala Super UEFA 2015 dan Supercopa de España 2015.  Pada 17 Oktober, Neymar mencetak empat gol dalam kemenangan kandang 5-2 Barcelona atas Rayo Vallecano di La Liga, menjadikan totalnya menjadi delapan gol untuk musim ini. Pada 21 November, Neymar mencetak satu gol dan memberikan assist tumit belakang untuk Andrés Iniesta dalam kemenangan tandang Barcelona 4-0 melawan Real Madrid. 

Ia mencetak dua gol dalam kemenangan kandang 4-0 atas Real Sociedad pada 28 November, menjadikan total La Liganya menjadi 14 gol dalam 12 pertandingan. [106] Pada 30 November, Neymar masuk daftar pilihan untuk FIFA Ballon d'Or 2015 bersama Messi dan Ronaldo, dan kemudian berada di urutan ketiga. 

Pada 22 Mei 2016, Neymar mencetak gol di menit akhir dalam kemenangan 2-0 Barcelona atas Sevilla di Final Copa del Rey 2016 di Vicente Calderón, ketika klub merayakan kemenangan ganda domestik untuk yang kedua berturut-turut musim, menyusul kemenangan treble mereka dari musim sebelumnya. Tiga depan Messi, Suárez dan Neymar menyelesaikan musim dengan 131 gol, memecahkan rekor yang telah mereka buat tahun sebelumnya untuk sebagian besar gol oleh trio penyerang dalam satu musim.

2016–17: Musim terakhir

Neymar adalah protagonis dari kemenangan 6-1 atas Paris Saint-Germain di babak 16 Liga Champions UEFA 2016-17 , mencetak dua gol dan membantu gol menentukan Sergi Roberto selama urutan tujuh menit penutupan.  Mengatasi kekalahan 4-0 dari PSG pada leg pertama sejak 14 Februari 2017, pertandingan leg ke-2 ini menjadi comeback terbesar dalam sejarah Liga Champions. 

Pada 2 April 2017, Neymar mencetak golnya yang ke-100 untuk Barcelona dalam penampilannya yang ke-177 untuk klub, dengan kemenangan 4-1 atas Granada . [116] [117] Pada 27 Mei, Neymar mencetak gol di Final Copa del Rey 2017 , golnya yang ke 105 untuk klub, saat Barcelona mengalahkan Alavés 3-1 di Vicente Calderón di Madrid.

Paris Saint Germain

Pada 3 Agustus 2017, Barcelona mengumumkan bahwa perwakilan hukum Neymar melakukan pembayaran € 222 juta kepada klub, sama dengan klausul pelepasan kontraknya, yang merupakan transfer termahal yang pernah ada . Klub memberi tahu UEFA sehingga mereka dapat menentukan tanggung jawab disipliner apa pun yang mungkin timbul dari kasus ini. Menurut BBC , di Spanyol, klausa rilis harus diaktifkan oleh pemain sepak bola itu sendiri. Situasinya tidak biasa, karena bayaran langsung dibayarkan kepada klub, setelah La Liga menolak menerima pembayaran. Biasanya, klausul pembelian didepositokan ke La Liga untuk melepaskan pemain dari kontraknya, dan liga kemudian meneruskan uang itu ke klub penjual. Namun, La Liga menolak pembayaran - dengan alasan pelanggaran aturan Financial Fair Play (FFP) oleh PSG, yang didukung oleh uang dari negara Teluk Qatar.

Neymar bergabung dengan klub Prancis Paris Saint-Germain dengan kontrak yang akan berjalan hingga 2022. Ia ditawari jersey nomor 10 oleh Javier Pastore sebagai "hadiah selamat datang". 

Gugatan pelanggaran kontrak

Pada 27 Agustus 2017, FC Barcelona mengajukan gugatan terhadap Neymar, menuntut dia mengembalikan bonus perpanjangan kontrak yang diterimanya serta € 8,5 juta sebagai ganti rugi dan tambahan 10% untuk tunggakan. Mereka mengklaim mereka berhutang uang yang diterima Neymar sebagai bagian dari bonus perpanjangan ketika dia menandatangani kontrak baru di 2016. Klub juga meminta Paris Saint-Germain untuk mengambil tanggung jawab untuk pembayaran biaya jika pemain tidak dapat melakukannya sendiri. Pengacara Neymar mengumumkan bahwa mereka akan ikut serta dalam kasus ini.

2017–18: Musim debut dan treble

Dia melakukan debut untuk Les Rouge-et-Bleu pada 13 Agustus, mencetak gol untuk dirinya sendiri dan juga menyiapkan yang lain dalam kemenangan tandang 3-0 atas Guingamp. Neymar menambahkan dua gol lagi untuk golnya di pertandingan Ligue 1 berikutnya melawan Toulouse .  Membentuk trio penyerang yang produktif bersama dengan keajaiban remaja Perancis Kylian Mbappé dan striker Uruguay Edinson Cavani , Neymar masing-masing mencetak satu gol dalam dua pertandingan pembuka PSG di babak penyisihan grup Liga Champions 2017–18 , dengan tim menang 5-0 di Celtic dan 3-0 di kandang masing-masing atas Bayern Munich.

Selama kekalahan 3-0 dari rival mereka Olympique de Marseille pada 25 Februari 2018, Neymar mematahkan tulang metatarsal kelima di kaki kanannya. Dia melakukan perjalanan ke Belo Horizonte dan menjalani operasi yang sukses dengan berjalan kaki. Ia gagal membuat penampilan lain untuk PSG saat pulih dari cedera, dan akibatnya mengakhiri musim pertamanya di Paris dengan 28 gol dalam 30 pertandingan.

2018–19: Cedera dan gelar liga

Pada 12 Agustus 2018, Neymar mencetak gol pembuka liga PSG musim 2018-19 dalam kemenangan 3-0 atas Caen di Parc des Princes. Neymar mencetak gol dari penalti di pertandingan berikutnya saat PSG menang 3-1 melawan Guingamp di Ligue 1. Pada pertandingan liga berikutnya, tiga pemain depan Neymar, Mbappé dan Cavani semuanya mencetak gol dalam kemenangan 3-1 lebih dari Angers di rumah, dengan Neymar mencetak gol dari memotong Mbappé dan mengatur Cavani untuk mencetak gol pembuka.

Pada 3 Oktober 2018, Neymar mencetak hattrick dalam kemenangan 6-1 atas Red Star Belgrade dalam pertandingan penyisihan grup Liga Champions . Ia menderita cedera kaki pada akhir Januari 2019 yang membuatnya keluar dari babak 16 pertandingan Liga Champions timnya melawan Manchester United FC Setelah United melenyapkan PSG, Neymar melanjutkan Instagram yang menghina pejabat review video Instagram karena telah memberikan penghentian- penalti waktu ke United. UEFA melarang Neymar untuk tiga pertandingan karena penghinaan. 

Pada 27 April 2019, Neymar mencetak gol di Final Coupe de France 2019 melawan Rennes, tetapi Rennes kembali dan menang melalui adu penalti. Setelah pertandingan, Neymar terekam di video yang muncul untuk memukul penonton. Penonton telah syuting dan menghina pemain PSG. PSG mengatakan mereka mendukung Neymar "100 persen" atas insiden itu. Neymar mengakui bahwa ia salah, tetapi berpendapat bahwa baik dia maupun orang lain tidak bisa tetap acuh tak acuh. Pelatih PSG Thomas Tuchel menjawab: "Tidak mudah untuk menaiki tangga setelah kekalahan.Jika kita kalah, kita harus menunjukkan rasa hormat. Anda tidak dapat berkonflik dengan penonton." 

2019-2020

Pada Juli 2019, Neymar absen dari pelatihan bersama PSG, dengan klub berbicara tentang tindakan disipliner. Sebelum batas waktu transfer pada akhir Agustus, Neymar setuju untuk tetap di PSG setelah pembicaraan macet karena kembali ke Barcelona. 

Neymar membuat penampilan pertamanya untuk PSG di musim 2019-20 pada 14 September 2019, dalam kemenangan 1-0 atas Strasbourg di Ligue 1 . Dia mencetak gol kemenangan di injury time di babak kedua.

Sumber wikipedia.org

Belum ada Komentar untuk "Profil Pemain sepak bola Neymar da Silva Santos Júnior"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel