-->

Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android

Cara scan foto di Android, Artikel ini terinspirasi dari permasalah yang Saya hadapi ketika mesin scanner bermasalah, sedangkan pada saat itu  sangat diperlukan berkas-berkas dokumen yang harus di scan dan di konversi dalam bentuk dokumen PDF.

Setelah beberapa lama dalam keadaan bingung, maka timbul ide untuk mencari aplikasi yang mungkin bisa dijadikan alternatif dalam menyelesaikan permasalahan yang sedang Saya hadapi.

Dan ternyata benar, Saya menemukan salah satu aplikasi scanner untuk android, meskipun tidak maksimal seperti halnya menggunakan mesin khusus Scanner.
Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android
Aplikasi CamScanner
Tutorial kali ini kita akan membahas tentang cara scan foto ataupun dokumen dengan ponsel smartphone yang kita miliki.

Dengan Smartphone yang saat ini rata-rata sudah memiliki kamera 8-12 megapixel disertai aplikasi editing foto. oleh karena itu dapat menjadi alternatif yang lebih mudah dan lebih cepat dalam melakukan scan menggunakan aplikasi scanner pada ponsel.

Dengan smartphone, Kita bahkan dapat menscan foto lama yang kita letakkan ke dalam album, Foto-foto yang bisa di scan dengan sebuah smartphone bisa kita dapatkan dengan kualitas yang cukup tinggi, jika Kita bisa mengikuti langkah-langkah sederhana yang tercantum di bawah ini.

LANGKAH-LANGKAH PEMINDAIAN FOTO ATAU DOKUMEN
  Hal yang perlu dilakukan dalam melakukan scan foto atau dokumen dengan ponsel android adalah sebagai berikut:
  1. Mengunduh dan mengintal aplikasi bernama CAMSCANNER melalui Google Playstore, atau jika tidak, kita bisa mencari versi APK nya.
  2. Setelah selesai menginstal aplikasi Camscanner, bukalah aplikasi tersebut.
    Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android
    Tampilan awan aplikasi CamScanner
  3. Sebelumnya pastikan bahwa foto-foto atau dokumen tersebut dalam bersih. Atau usaplah dengan lembut yang halus dan kering terlebih dahulu menggunakan kain atau sikat lembut.
  4. Dengan smartphone Kita. Matikan lampu kilat, arahkan kamera secara langsung di atas foto yang ingin di scan. aturlah kamera menjadi lebih dekat atau lebih jauh dari foto, sehingga foto dapat mengisi bingkai jendela bidikan kamera. Fokus dan shoot foto tersebut, lakukan dengan sangat berhati-hati untuk menghindari silau, gerakan atau bayangan. Bisa dilakukan dengan berulang kali agar kita bisa mendapatkan hasil scan yang lebih bagus.
  5. Mengambil gambar dokumen, selanjutnya kita akan dibawa pada tampilan cropping yaitu Kita bisa memotong hasil bagian-bagian gambar yang tidak dibutuhkan, setelah selesai melakukan editing atau pemangkasan, klik tanda centang dibagian kanan bawah.
    Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android
    Proses editing atau pemangkasan hasil scan
  6. Maka kita akan melihat hasil dari pemotongan gambar tersebut, klik tanda centang lagi.
  7. Pada langkah ini kita sudah selesai melakukan scan pada foto atau dokumen, dan file sudah tersimpan secara otomatis.
  8. Nah yang terakhir kita sudah bisa membuka file hasil scan dalam bentuk PDF dengan menekan gambar kertas bertuliskan PDF yang berada dilayar bagian atas.
    Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android
    Hasil scan yang tersimpan dan bisa dibagikan dalam bentuk PDF
  9. Setelah halaman PDF terbuka, selanjutnya kita bisa melakukan editing, mark dan membagikan dokumen PDF kepada perangkat lain.
Itulah langkah-langkah dalam melakukan scan foto atau dokumen melalui ponsel android, jadi jika Kita butuh file scan dengan cepat tanpa harus menggunakan perangkat mesin scanner, kita masih bisa menggunakan ponsel Android sebagai alternatif scan dokumen secara cepat dan mudah dengan hasil layaknya mesin scanner.

PENUTUP

Dengan melakukan scan menggunakan aplikasi ini, sekaligus Kita dapat mengconvert dokumen tersebut dalam bentuk pdf, cara ini lebih praktis daripada Kita harus mengambil gambar dari kamera ponsel kemudian melakukan pengeditan manual menjadi dokumen PDF.

Mudah-mudah tutorial ini bermanfaat bagi kawan-kawan yang membutuhkan, silahkan bebas di share atau bagikan (dengan menyertakan link sumbernya), karena sesuatu yang sudah dibagikan itu menjadi milik umum.

Belum ada Komentar untuk "Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel