Bisnis Online Dropship, Solusi Bisnis Cerdas Tanpa Mengeluarkan Modal

Bisnis Online Dropship, Solusi Bisnis Cerdas Tanpa Mengeluarkan Modal
Antapedia.com - Apa Itu Dropship? Bagi kita yang baru pertama kali terjun dalam Bisnis Online, tentu akan bingung dengan istilah Bisnis Dropship. Model Jual beli Dropship ini sangat diminati oleh para pebisnis pemula, mengingat sistem kerjanya yang mudah, tidak perlu mengeluarkan modal, dan potensi mendapatkan penghasilan dari Bisnis Dropship cukup menjanjikan. 

Tapi sebelum membahas lebih banyak tentang Bisnis Online Dropship, mari kita memulainya dengan pertanyaan Apakah yang dimaksud Dropship? 

Arti Dropship

Dropship adalah suatu istilah dalam dunia Bisnis yang memiliki arti menjualkan barang tanpa harus memiliki stok terlebih dahulu, dan barang yang dijual akan dikirim oleh supplier pemilik barang menuju alamat orang yang telah memesan barang. Atau lebih jelasnya, Dropship itu adalah Bisnis menjualkan barang milik orang lain namun atas nama kita.

Sistem Dropship

Sistem Dropship merupakan sistem yang paling mudah diantara jual-beli lainnya dalam bisnis online. Kita hanya perlu membuat Toko Online sebagai media promosi produk yang ingin dipasarkan, disaat ada pembeli melakukan order melalui Website Toko Online tersebut, maka kita tinggal meneruskan pesanan dari pelanggan ke penyedia barang atau biasa disebut Supplier. Kemudian Supplier akan melakukan pengiriman barang kepada pemesan menggunakan nama toko online kita. sangat mudah bukan?

Cara Menjadi Dropship

Adapun cara menjadi dropship sangatlah mudah, Saat ini sudah banyak market besar yang mengijinkan penjualan melalui pihak ketiga dengan syarat kita harus membuat Toko Online dibawah afiliasi mereka. Marketplace tersebut seperti Lazada, Buka Lapak, Shopee dll. 

Setelah memiliki toko online pada masing-masing marketplace, kita sudah bisa mempromosikan barang sesuai dengan stok yang tersedia, biasanya untuk marketplace sekelas Lazada ini akan memiliki macam-macam barang yang lengkap mulai dari Gadget, Alat Kesehatan hingga peralatan dapur.

Buatlah tampilan Toko Online dan jenis barang semenarik mungkin sehingga orang akan menjadi yakin untuk menjatuhkan pilihan dalam membeli produk kita. 

Kelebihan dan kekurangan Bisnis Dropship

Sebagaimana bisnis lainnya, Bisnis Dropship juga  memiliki Kelebihan dan Kekurangan bagi pelaku Dropship, berikut ini penjelasannya 
  1. Waktu yang tidak terikat karena kita mengendalikan bisnis Dropship melalui Online, Bisnis Dropship sangatlah cocok jika dijadikan usaha sampingan karena waktu yang luas dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.
  2. Kita bisa menjual hingga ribuan jenis produk tanpa harus mengeluarkan modal. 
  3. Tidak perlu packing pengiriman barang karena sudah dilakukan oleh pihak penyedia

Sedangkan kekurangannya: 
  1. Tidak bebas menentukan harga produk semurah-murahnya karena harus membuat harga diatas yang ditentukan oleh marketplace untuk mengambil keuntungan dari penjualan.
  2. Tidak mengetahui secara pasti produk yang dipromosikan karena tidak memiliki sendiri barang tersebut sehingga jika kualitas barang tidak sesuai dengan produk promosi, maka akan dikomplain oleh pembeli.
Kalau begitu sama dong dengan menjadi Reseller?
Tidak

Lalu apa perbedaan antara Dropship dan Reseller?

Saat mencari kata kunci Dropship di internet, kita biasanya langsung disuguhkan perbedaan antara Dropship dan Reseller, hal ini banyak dibahas karena memang Dropship dan Reseller sama-sama berada dalam bidang jual beli dalam Bisnis Online.

Seringkali kita tidak dapat membedakan Dropship dan Reseller, karena model bisnisnya yang hampir sama, namun sebenarnya ada perbedaan yang paling mendasar yaitu.

Dropship
  • Menjual Produk tanpa menyetoknya terlebih dahulu
  • Memiliki berbagai macam katalog barang
  • Tidak perlu mengeluarkan modal
Reseller
  • Membeli sendiri barang kepada Distributor maupun Grosir
  • Barang dikirim sendiri kepada pembeli
Mungkin begitu sekilas gambaran sederhana perbedaan antara Dropship dan Reseller, yang nantinya bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi kawan yang ini menekuni dunia bisnis Online Dropship maupun Reseller.

PENUTUP

Demikianlah pembahasan kita tentang Bisnis Online Dropship, semoga bisa menambah wawasan kita semua dan menjadi lebih siap untuk bergelut di dunia bisnis online.

0 Response to "Bisnis Online Dropship, Solusi Bisnis Cerdas Tanpa Mengeluarkan Modal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel