Thursday, March 22, 2018

Wow! Di tahun 2018 Ini Nintendo Menambahkan Jumlah Konsol Switch Hingga 20 Juta Unit

Pada tahun 2018 ini, Nintendo dipastikan akan meningkatkan penjualan unit konsol hybrid miliknya, yaitu Nintendo Switch. Tercatat, raksasa gaming asal Jepang ini akan menargetkan sekitar 20 juta unit Switch untuk dijual di tahun 2018.
Nintendo
Berdasarkan informasi yang dikutip dari harian Kyoto Shimbun dan Comic Book, Tatsumi Kimishima, selaku Presiden Direktur Nintendo, mengungkapkan jika perusahaan ingin mencapai target pemasaran Nintendo Switch melebihi angka penjualan Nintendo Wii.

Karena itu, pihaknya tak takut menambah lebih banyak unit lagi agar bisa menarik lebih banyak pemain Nintendo Switch.

"Dengan konsol Nintendo Switch, ranah ( gaming ) terbukti telah mendapatkan pengalaman bermain game yang unik, dan tidak pernah ditemukan oleh siapapun.. Nintendo Switch memberikan pengalaman bermain paling fleksibel untuk konsol hybrid dan rumahan,"ungkap Kimishima.

Pada Desember 2017, pemasaran konsol Nintendo Switch sendiri telah menembus angkan 10 juta unit penjualan di seluruh dunia. Semenjak pertama kali dirilis, konsol ini langsung saja laris manis dan dengan cepat mejeng di toko-toko game seluruh dunia.

Menurut capaian penjualan ini, lembaga SuperData memprediksi jika Nintendo Switch akan terjual pada akhir 2017 sebanyak 7,2 juta unit. Ternyata prediksi itu lebih banyak dibandingkan ramalan Nintendo yang menyebutkan konsol Switch bakal terjual hingga 5 juta unit.

Sebelumnya, lembaga NPD Group mencatat jika Switch berhasil terjual sebanyak 906 ribu unit di Amerika Serikat pada bulan Maret lalu. Jumlah ini mengalahkan penjualan Xbox One dan PlayStation 4.

Pencapaian ini dirasakan sebagai langkah awal yang baik bagi Switch, terlebih lagi sesudah kekecewaan Nintento pada konsol game Wii U. Sejak dirilis pada tahun 2012 kemaren, Nintendo Wii U hanya berhasil terjual 13,56 juta unit saja di seluruh dunia.

Nah, apabila Switch sukses terjual 7,2 juta unit di tahun 2017, secara otomatis Switch mengalahkan penjualan konsol Wii U hanya dalam kurun waktu satu tahun saja. Demi mencapai target tersebut, Nintendo membutuhkan software yang cocok dan kuat bagi Switch. Misalnya saja ARMS, Mario Kart 8 Deluce, Super Mario Odysey, dan Splatoon 2.

Tidak hanya penjualan Nintendo Switch saja yang digenjot, akan tetapi perusahaan juga berencana akan menjual kopi game The Legend of Zelda: Breath of the Wild sebanyak 925 juta buah.

Ada dua faktor penting yang mendukung penjualan konsol Switch begitu sukses di pasaran. Dua faktor tersebut adalah banyaknya judul game yang didukung pengembang dan konsep hybird yang ditawarkan kepada pengguna.

Sebenarnya konsep konsol game portable sudah ada sejak lama. Akan tetapi baru konsol Switch saja yang bisa menawarkan pengalaman seru bermain game konsol di TV dan secara on-the-go secara optimal.

Walaupun berlabel konsol game baru, dan tidak mempunyai kemampuan hardware layaknya Xbox One dan PlayStation 4, nyatanya para pengembang game terus saja merilis game-game terbarunya untuk Switch.

Selain memberikan judul game baru saja, namun Nintendo Switch juga menawarkan judul gim nostalgia. Sebut saja Mario Kart, Super Mario, dan Zelda juga hadir demi memaksimalkan pengalaman pengguna saat bermain dengan konsol hybrid ini.


EmoticonEmoticon