-->

8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android

Mengurangi ketergantungan pada Android --  Dewasa ini memiliki Smartphone android bukan sesuatu yang sangat istimewa lagi, karena smartphone android sudah bisa dimiliki oleh berbagai kalangan dan harganya yang sangat terjangkau.
8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android
8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android
Dengan adanya smartphone android, ini dapat menyebabkan sebagian besar penggunanya merasa kecanduan atau memiliki rasa ketergantungan.

Betapa tidak, ratusan aplikasi keren dan menarik akan membuat kita rela menghabiskan waktu-waktu berharga hanya dengan mengoperasikan Smarphone android, dan tanpa menyadari bahwa sebagai manusia kita perlu bersosialisasi secara nyata dengan manusia lainnya.

Ini bisa saja menjadi sesuatu yang buruk karena keseharian kita hanya terfokus pada satu objek yaitu Smartphone, jika tanpa smarphone kita akan merasa tidak tenang.

Nah, sangat mengganggu sekali bukan? Rasa ketergantungan yang berlebihan ini dapat menyebabkan kita gelisah jika berjauhan dengan Smartphone Android

Lalu bagaimana cara mengurangi ketergantungan kita pada Smartphone Android?

Ada 8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android, seperti yang akan kita bahas dibawah ini:

1. BERSOSIALISASI DENGAN ORANG LAIN

Pada umumnya para pecandu Smartphone akan cuek dengan keadaan sekitar, karena mereka hanya fokus pada smartphonenya.

Kemanapun dia pergi tidak akan lepas dengan benda kesayangan yang bernama smartphone, dia menganggap tidak butuh lagi dengan orang lain karena apa-apa yang dibutuhkan bisa dipenuhi dari Smartphone.

Ini sesuatu yang salah, segeralah ubah kebiasaan kurang baik tersebut. Letakkan smartphone kita dan carilah teman nyata untuk mengobrol atau melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

2. MENGATUR WAKTU

Selanjutnya adalah mengatur waktu, misalnya membuat jadwal kapan kita perlu mengoperasikan Smartphone. Cara ini sekaligus juga akan melatih rasa disiplin dalam kehidupan kita.

Kita bisa memakai aplikasi pengingat lama waktu dalam menggunakan Smartphone, sehingga bisa tahu bahwa kita sudah terlalu lama menggunakan smartphone.

3. JANGAN MENYIMPAN KONTEN DEWASA

Smartphone dengan salah satu keunggulan yang bisa dioperasikan layaknya perangkat komputer, baik dalam hal menyimpan data maupun memainkannya.

Salah satu faktor yang membuat kita ketagihan menggunakan Smatphone android adalah adanya konten menarik, misalnya konten dewasa. Hal ini sangat menjadi candu dan ingin selalu melihat konten tersebut.

Jika kita ingin terbebas dari kecanduan Smartphone, usahakan dengan sungguh-sungguh untuk tidak menyimpan konten tersebut.

4. JANGAN BAWA SMARTPHONE KE TEMPAT TIDUR

Aktifitas yang paling asyik adalah bermain Smartphone ditempat tidur, kebiasaan ini tentunya akan menjadi penyebab bertambahnya ketergantungan pada Smartphone.

Jauhkan Smartphone dari tempat tidur, karena selain mengganggu kualitas istirahat kita, bermain smartphone dapat membahayakan kesehatan karena yang diakibatkan oleh frekuensi radio elektromagnet yang mengganggu otak kita.

5. JANGAN SELALU MEMBELI SMARTPHONE BARU

Perkembangan Smartphone setiap saat terus berubah menjadi semakin canggih, ini berpotensi untuk membuat kita tergoda untuk membeli smartphone baru, dan dengan memiliki Smartphone baru akan membuat kita tambah penasaran dengan fasilitas dari Smartphone tersebut.

Berhentilah untuk selalu membeli Smartphone yang baru, karena meskipun kantong kita sampai jebol, kita tetap saja akan kecanduan bahkan semakin parah.

6. MENYIBUKKAN DIRI DENGAN KEGIATAN LAIN

Apakah kita merasa kurang fokus terhadap pekerjaan? Jika iya, maka mungkin masalah terbesarnya adalah karena kita terlalu sibuk dengan Smartphone.

Maka cara jitu untuk mengatasinya yaitu mencoba untuk menyibukkan diri dengan aktivitas kerja kita, atau jika belum bisa fokus karena selalu ingat Smartphone, maka lakukan hoby bebas lainnya untuk memancing berhenti dari kebiasaan ber-Smartphone.

Setelah sukses tidak tergantung lagi pada Smartphone, maka bisa memulai lagi untuk mencintai pekerjaan wajib kita, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, wajib hukumnya untuk bekerja dan mencari nafkah, dan Smartphone hendaklah dijadikan aktivitas nomor sekian.

7. COBALAH JAUHI SMARTPHONE SELAMA 2 JAM

Bagi yang sudah kecanduan Smartphone, jangankan menjauhinya selama 2 jam, 5 menit saja kangennya sudah minta ampun.

Tapi cobalah untuk berlatih menahan diri selama 2 jam tersebut, gunakan 2 jam ini untuk melakukan aktivitas produktif lainnya, kalau kita sudah bekerja, maka utamakan pekerjaan terlebih dahulu, atau Jika kita masih berstatus pelajar, gunakan waktu untuk belajar.

Dengan 2 jam tersebut kita juga bisa menemani orang-orang tersayang, karena kebanyakan dari kita yang sudah kecanduan Smartphone, selalu mengacuhkan kawan atau kekasih yang sedang mengajak berbicara. Jika 2 jam sudah sukses, maka bisa ditambah menjadi 3 jam dan seterusnya.

Disadari atau tidak, ketergantungan pada Smartphone ini secara tidak langsung telah membiarkan diri kita untuk berpisah dari dunia nyata, karena hanya disibukkan misalnya hanya dengan membalas chat teman dunia maya.

KESIMPULAN

Rasa ketergantungan pada Smartphone secara berlebihan ini sangat menimbulkan dampak negatif, karena keseharian kita hanya berkutat dengan Smartphone.

Dan hal ini bisa sangat berbahaya apabila kita tidak bisa mengontrol diri untuk mengoperasikan Smartphone, contohnya saat berkendara karena kita dituntut untuk fokus pada kemudi bukan pada Smartphone.

Demikianlah 8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semuanya.

Baca artikel selanjutnya tentang Android di blog Antapedia: 









Belum ada Komentar untuk "8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel