-->

Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui

Fitur Whatsapp, Whatsapp saat ini menjadi salah satu media sosial yang paling populer dan sangat digemari berbagai kalangan, baik para kawula muda maupun kaum dewasa.
Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
Whatsapp
Sebagai pecinta Whatsapp, kita harus tahu dong apa saja fitur-fitur WhatsApp yang perlu digunakan sesuai kebutuhan penggunanya,  jadi whatsapp tidak hanya sekedar digunakan untuk berkirim pesan, melakukan panggilan Telepon dan Video Call.

Ada banyak fitur menarik yang mesti diketahui kalangan pengguna Whatsapp, kalau sebelumnya kita hanya pasrah saja dengan settingan default Whatsapp, maka sekarang saatnya untuk melakukan pengaturan sendiri pada aplikasi Whatsapp yang kita gunakan.

Selanjutnya kawan-kawan, mari kita simak apa saja fitur-fitur Whatsapp yang jarang diketahui banyak orang.

Menandai Teman dalam Grup

Seperti halnya Facebook, Twitter dan Media Sosial lainnya yang memiliki fitur mention atau menandai teman, Whatsapp juga dilengkapi fasilitas untuk menandai teman yang tergabung dalam grup.

Caranya adalah cukup dengan mengetikkan karakter @ didalam kotak komentar, maka setelah itu akan muncul nama-nama teman yang ada di grup tersebut kemudian pilih untuk menandai.

Membuat huruf miring, tebal dan garis tengah huruf

Dalam berbagai percakapan Whatsapp, model-model huruf tebal dan miring ini kadangkala dibutuhkan, misalnya untuk menuliskan judul, menandai kalimat yang penting, menggunakan kata Seruan maupun tujuan lainnya.

Untuk menggunakan huruf tebal Kita bisa membuatnya dengan menambahkan tanda bintang (*) pada awal kata atau kalimat yang ingin ditebalkan contohnya: *antapedia* maka setelah disisipkan tanda bintang setiap huruf tersebut akan menjadi tebal antapedia.

Membuat huruf miring yaitu dengan menambahkan tanda underscore (garis bawah) pada awal dan akhir kata atau kalimat contoh: _miring_ menjadi miring

Strikethrough atau Memberi garis tengah pada huruf, sisipkan simbol ~ pada awal dan akhir huruf /kata. Contoh: ~Coret~ menjadi Coret

Menghentikan fitur Download otomatis

Fitur cukup penting bagi kawan-kawan yang tergabung pada banyak grup Whatsapp, dengan menonaktifkan unduhan otomatis pada gambar maupun video yang dishare oleh teman-teman grup, maka keuntungannya adalah Kita bisa menghemat ruang memori dan penggunaan biaya data internet.


Bisa dibayangkan jika dalam suatu grup beranggotakan 200 orang dan separuhnya saling berbagi gambar atau Video dengan kapasitas 5 sampai 10 mb. Maka bisa dihitung sendiri biaya data yang terpakai tanpa kita sadari.
  1. Klik ikon tiga titik pada layar kanan atas Whatsapp, pilih setelan
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Setelan Whatsapp
  2. Selanjutnya klik Penggunaan data. Kita akan dibawa pada halaman baru. Cari submenu Unduh otomatis media, pilih Saat menggunakan data seluler.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Penggunaan Data
  3. Hilangkan tanda centang pada bagian Foto, Audio, Video dan Dokumen. Setelah selesai klik tombol Oke.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Pengaturan unduhan otomatis
Menyimpan chat Whatsapp ke dalam email

Jika kita ingin menyimpan obrolan yang ada di Whatsapp,
  1. Klik chatting yang ingin disimpan, kemudian menekan ikon tiga titik diatas, pilih lainnya.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Email chat
  2. Selanjutnya tekan email chat, akan ada pilihan untuk melampirkan media atau tidak. Pilih sesuai keinginan.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Pilihan Melampirkan media atau tidak
  3. Muncul halaman email, dari sini kita bisa mengirimkan email barisi obrolan tersebut atau langsung menyimpannya sebagai draf.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Email berisi obrolan Whatsapp
Cara menghilangkan kontak Whatsapp

Dengan membuka kotak percakapan dengan kontak yang ingin dihilangkan, kemudian menekan ikon tiga titik pada bagian atas layar, pilih lainnya. Selanjutkan klik blokir.

Mengetahui siapa saja yang telah membaca pesan kita di grup.

Berbeda dengan chat pribadi, saat mengirim pesan di grup whatsapp kita tidak akan menemukan dua tanda centang berwarna biru yang menjadi tanda bahwa kiriman pesan kita telah dibaca teman grup.


Nah bagaimana cara mengetahuinya?
  1. Tekan dan tahan pesan yang telah kita kirim di grup, kemudian klik lambang lingkaran dengan tanda seru pada layar bagian atas.
    Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui
    Lambang Lingkaran
  2. Selanjutnya akan diketahui siapa saja yang telah membaca pesan dalam grup dan siapa saja teman grup yang telah menerima pemberitahuan pesan namun belum sempat membacanya.
Demikianlah beberapa pengetahuan tantang fitur-fitur whatsapp yang telah dirangkum oleh antapedia.com, semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan Kita.

Pertanyaan dan tambahan bisa ditulis pada kotak komentar dibawah.

BACA ARTIKEL LAINNYA

Belum ada Komentar untuk "Fitur Whatsapp yang harus kita ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel