7 Cara Mempromosikan Produk di Facebook agar Penjualan Meningkat Tajam

7 Cara Mempromosikan Produk di Facebook agar Penjualan Meningkat Tajam
Antapedia.com - Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini berbagai bisnis online sudah banyak bergantung pada media sosial, seperti Facebook, Instagram, hingga Media sosial Whatsapp.

Keunggulan memiliki sasaran konsumen yang berbasis media sosial Facebook adalah kita dapat memperkenalkan produk yang kita jual secara cepat, tertarget, dan hemat biaya.

Disamping media sosial lainnya, Facebook saat ini masih menjadi media sosial yang paling digemari oleh masyarakat pengguna internet, Google Playstore hingga artikel ini ditulis telah mencatatkan sebanyak 1 Miliar kali unduhan aplikasi Facebook diseluruh dunia.

Nah, dari begitu banyaknya pengguna Facebook tersebut tentu ini dapat menjadi lahan yang empuk untuk mempromosikan produk bisnis yang kita miliki. Peluang sudah ada tinggal menunggu usaha dan semangat kita untuk Sukses dalam berbisnis. Atau ibaratnya jalan sudah tersedia, kita mau merangkat, berjalan, berlari atau bahkan tidak mau bergerak sama sekali. Semua kembali pada diri kita sendiri.

Jika menginginkan penghasilan yang dapat ditebak setiap bulannya silahkan menjadi Pegawai Negeri ataupun Swasta. Namun sebaliknya Jika kita ingin memiliki penghasilan yang tidak terbatas, cobalah berbisnis. 

Baiklah jika kita sudah memantapkan diri untuk memanfaatkan peluang target promosi produk kepada 1 Miliar orang pengguna Facebook, mari kita lanjutkan untuk membahas tentang cara mempromosikan Produk di Facebook agar penghasilan meningkat tajam dan bisnis kita berkembang pesat.

1. Memiliki nama Facebook dengan Brand Produk Kita

Langkah awal jika ingin mempromosikan Produk di Facebook, adalah memiliki Facebook, dalam hal ini Facebook dengan nama Produk bisnis kita sehingga meskipun hanya melihat nama facebook, orang sudah dapat mengetahui tentang apa yang ingin dijual.

Buatlah Facebook khusus produk bisnis kita dan aktiflah berinteraksi dengan teman maupun audiens sehingga secara tidak langsung mereka akan mengingat nama produk meskipun tidak mengetahui isinya. 

Karena kita memulai dari awal untuk membuat Facebook bisnis, buatlah akun biasa atau bukan Fanspage. Karena akun facebook biasa lebih mudah menambahkan teman seperti halnya akun FB Pribadi.

Akun facebook pribadi hanya memiliki batasan pertemanan hingga 5 ribu akun FB, namun jangan khawatir karena setelah itu kita bisa merubah akun Facebook pribadi tersebut menjadi Facebook Fanspage dengan langsung memiliki modal target audiens 5 ribu orang.

Jangan lupa saat menambahkan teman carilah teman yang memiliki jenis kesukaan sesuai produk yang akan dijual. Misalnya kita akan mempromosikan produk pertanian, maka carilah orang-rang yang memiliki pekerjaan bertani.

Cara mencari orang yang sekiranya tertarik dengan produk kita ini cukup mudah, kita hanya perlu bergabung dengan Grup-grup facebook yang memiliki pembahasan yang sama dengan produk yang kita miliki. 

2. Membangun tim promosi di Facebook

Kekuatan sebuah tim promosi jauh lebih besar daripada hanya dilakukan sendirian, ibaratnya kita akan mengangkut 1 Kwintal beras mungkin membutuhkan waktu 4 kali untuk menyelesaikannya. Berbeda jika kita memiliki tim pekerja, kalau hanya 1 Kwintal beras kita cukup menggotongnya 1 kali secara bersama-sama. 

Bagaimana dengan penghasilan jika harus dibagi dengan banyak orang? Justru dengan memiliki tim kita akan lebih mudah mendapatkan penghasilan, dan bahkan bagian untuk setiap orang akan lebih banyak daripada hanya sendirian. 

3. Update status secara kreatif dan menarik

Setelah memiliki akun Facebook khusus produk bisnis kita, langkah berikutnya adalah update status, sapalah meraka secara ramah dan akrab jangan langsung melakukan promosi habis-habisan, karena teman-teman facebook kita akan kaget atau bahkan memutuskan pertemanan di Facebook.

Buatlah status kreatif dan menarik, misalnya menulis cerita pendek terlebih dahulu tentang study kasus yang berhubungan dengan produk, kemudian pemecahan masalahnya dengan menawarkan produk yang kita miliki. Cukup menarik bukan? Dijamin orang-orang yang memiliki permasalahan sama dengan contoh kasus kita nantinya akan tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat produk tersebut.

Membuat postingan tidak perlu selalu monoton, sesuaikan dengan target promosi produk kita. anak-anak muda akan lebih menyukai bahasa tidak baku atau kekinian namun tetap dalam bahasa yang baik, berbeda dengan orang dewasa kita perlu mengatur bahasa menjadi lebih sopan dan halus.

Menggunakan postingan yang sedikit profokatif sangat dianjurkan dalam menawarkan produk di Facebook, sehingga para pembaca akan terpengaruh dan penasaran dengan produk kita, kemudian mereview, hingga membelinya. 

4. Posting Foto atau Video

Selain menulis kalimat yang kreatif dan menarik, penampakan visual juga sangat diperlukan, dengan menambahkan foto maupun video sehingga sajian promosi terhadap orang lain menjadi lebih lengkap dan jelas.

Gambar atau video dalam mempromosikan produk difacebook memiliki kekuatan tersendiri, karena dengan ilustrasi gambar meskipun tanpa penjelasan kalimat, para pemirsa sudah dapat menerka pesan apa yang ingin disampaikan oleh gambar tersebut.

5. Gunakan waktu yang tepat untuk mempromosikan Produk

Ada waktu-waktu terbaik untuk mempromosikan produk difacebook, jika sasarannya Remaja Pelajar dan ibu-ibu rumah tangga buatlah postingan siang hari, karena jika pagi hari para ibu-ibu sedang kegiatan Memasak, dan pelajar sedang bersekolah.

Waktu yang paling baik adalah disore hari hingga malam hari, karena saat ini para pekerja, pelajar, ibu-ibu rumah tangga sudah bersantai dan memiliki waktu untuk membuka media sosial Facebook.

Menurut pengalaman penulis dalam melakukan postingan FB antara siang dan sore hari, ternyata peluang postingan di sore hari lebih banyak di like dan dibagikan dari pada postingan siang hari.

6. Beriklan di Fb Ads

Jika dirasa belum cukup hanya beriklan secara manual, cobalah untuk sedikit mengeluarkan biaya dengan mempromosikan Produk melalui Fb Ads. Fb Ads ini adalah fasilitas periklanan berbayar yang disediakan oleh facebook bagi yang ingin mempromosikan produk Bisnis secara lebih luas dan tertarget.

Melalui FB Ads Produk kita akan dipromosikan bukan hanya terhadap orang yang berteman dengan Facebook kita, namun target penayangan iklan akan lebih luas dan potensi ketertarikan orang lain terhadap produk bisnis kita menjadi lebih besar.

7. Lakukan Evaluasi terhadap Penjualan Produk di Facebook

Setelah malang melintang dalam berpromosi serta melakukan penjualan produk di Facebook, jangan lupa untuk melakukan evaluasi minimal setiap bulan sekali untuk mengetahui apa yang perlu dibenahi agar penjualan semakin lancar dan penghasilan meningkat pesat.

Demikianlah 7 Cara yang bisa kita coba untuk mempromosikan Produk di Facebook maupun media Sosial sejenis lainnya agar penjualan meningkat tajam dan tentunya berpengaruh terhadap penghasilan. Semoga bermanfaat.

0 Response to "7 Cara Mempromosikan Produk di Facebook agar Penjualan Meningkat Tajam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel