Cara mudah melakukan pendaftaran CPNS Online melalui Website BKN

antapedia.com - Pendaftaran CPNS tahun ini mulai dibuka dengan versi online melalui Website Badan Kepegawaian Negara (BKN), namun mengingat registrasinya yang lumayan panjang, maka tentu sebagian kawan-kawan yang bermaksud mendaftar merasa kebingungan dengan proses pendaftaran CPNS 2018 secara online tersebut.
antapedia.com

Registrasi online yang disediakan Pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara sebenarnya merupakan terobosan baru untuk mempermudah masyarakat untuk mengikuti Tes CPNS sesuai minat dan formasi Nasional maupun kuota masing-masing daerah.

Pendaftaran CPNS 2018 online ini diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya karena sudah bisa diakses oleh berbagai kalangan dengan mudah baik melalui Perangkat Komputer maupun Smartphone. 

Terdapat 2 tahapan dalam mendaftar CPNS 2018 ini, semua registrasi harus dilakukan secara online melalui website BKN. yang pertama yaitu Pembuatan Kartu Informasi Akun SSCN 2018 dan Kedua adalah Proses Registrasi pada Website BKN, Berikut ini kami uraikan tahap demi tahap pendaftaran CPNS secara online tahun 2018.

Membuat Kartu Informasi Akun SSCN 2018

Langkah Pertama yang harus dilakukan adalah membuat Kartu SSCN 2018, Sistem Seleksi CPNS Nasional atau disingkat SSCN merupakan proses awal dalam Pendaftaran CPNS Online 2018. 

Persyaratan yang dibutuhkan adalah Nomor Identitas Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga.
antapedia.com

Mengisi Form Pendaftaran Akun SSCN di https://sscntraining.bkn.go.id/sscnPanselnas/registrasi.html, seperti pada gambar dibawah ini, lengkapi Kotak Isian NIK, KK / NIK KK dan Kotak Captcha, setelah selesai klik Lanjutkan.

Langkah Kedua Form Lengkapi data, jika data sudah terhubung dengan Website BKN maka Kita akan disajikan Form otomatis berisi data yang dimiliki sesuai Identitas, jadi kita hanya tinggal melengkapi beberapa kotak isian yang kosong, nama dan tempat lahir sesuai Ijazah, membuat email dan Password, serta melengkapi pertanyaan pengaman. Setelah terisi semua klik Daftar.

Langkah Ketiga, Selesai. Jika tidak ada kendala dalam proses pendaftaran, maka selamat kita sudah berhasil mendaftar pada Portal Sistem Seleksi CPNS Nasional. 
antapedia.com
Tahapan selanjutnya adalah mencetak Kartu Informasi Akun SSCN 2018, Klik Tombol bertanda Printer dengan tulisan Cetak Informasi Pendaftaran.
antapedia.com

Apakah sudah selesai? Belum, itu baru proses awal pendaftaran CPNS Online, selanjutnya adalah masuk pada akun Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

Login pada Akun SSCN

Setelah mendapatkan kartu Informasi Akun SSCN 2018, sekarang coba Login pada akun SSCN menggunakan Username NIK dan Password sesuai dengan Password yang telah kita buat di form sebelumnya.

Setelah berhasil masuk, ada halaman isian Upload Selfie Pendaftaran SSCN 2018, yaitu kita diminta untuk melakukan foto selfie atau meminta difotokan kepada teman, dengan memegang kartu Identitas KTP dan Kartu Registrasi SSCN, dan usahakan file yang akan diunggah tidak lebih dari 200 Kb.
antapedia.com

Klik Pilih File, cari foto pada drive penyimpanan ponsel atau Komputer kemudian tekan tombol simpan, jika ingin melihat hasil dari foto selfie yang kita upload klik Lihat Image Upload Selfie. Jika sudah benar tekan Selanjutnya.

Mengisi Biodata Pelamar, isilah bioadata pelamar dengan lengkap sesuai KTP/Ijazah yang terdiri dari nama, tanggal lahir, email, alamat, tinggi badan, status, nomor hp, hingga agama. Silahkan dikoreksi dulu sebelum melanjutkan, jika sudah yakin klik tombol selanjutnya.
antapedia.com


Form Pendaftaran SSCN, Pilih Instansi yang ingin kita ikuti, dan memilih formasi sesuai bidang keahlian kita. setelah selesai, tekan tombol selanjutnya lagi.
antapedia.com

Selanjutnya mengisi Form Riwayat dan Resume, sampai disini kita telah selesai melengkapi form Pendaftaran CPNS 2018 Online melalui SSCN atau Website BKN dan menunggu jadwal pengumuman hari dan tempat pelaksanaan Test, biasanya test dilakukan sesuai formasi pada masing-masing kota.

Diharapkan sebelum mengikuti Test CPNS, kita sudah belajar maupun berlatih mengerjakan soal-soal CPNS sesuai Formasi yang telah dipilih. Latihan soal tersebut bisa kita cari melalui Internet dan cobalah untuk menjawab soal-soal CPNS tersebut, jika tidak bisa menjawab silahkan bertanya kepada yang lebih fahan atau mencari referensi diinternet pula.

Persiapkan kesehatan dan mental secara maksimal, Kerjakan Soal CPNS dengan baik kemudian serahkan hasil akhir kepada yang maha kuasa. semoga sukses

2 Responses to "Cara mudah melakukan pendaftaran CPNS Online melalui Website BKN"

  1. Ternyata bisa daftar CPNS secara online..
    Aku baru tau situsnya tuh, thanks banget ya min infonya..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel