Wednesday, January 3, 2018

Nokia 1, Ponsel Dengan Sistem Operasi Android Go yang Siap Diluncurkan Tahun 2018

Pada bulan Mei 2017 kemarin Google sudah mengumumkan peluncuran Android Go, ketika diselenggarakan Google I/O dan resmi meluncurkannya awal bulan Desember 2017. Akan tetapi, beberapa waktu setelah dirilis masih belum ada vendor manapun yang  mengklaim siap menggandeng Sistem Operasi tersebut.
Nokia 1, Ponsel Dengan Sistem Operasi Android Go yang Siap Diluncurkan Tahun 2018
Android Go
Namun, menurut kabar yang tengah beredar menyebutkan jika pemilik merek Nokia HMD Global siap menggandeng Android Go. Melansir laman Phone Arena, perangkat yang nantinya akan menjadi salah satu bagian Android Go diberi nama Nokia 1.


ANDROID GO SEBAGAI SISTEM OPERASI NOKIA 1

Nokia 1 akan hadir dengan spesifikasi standart, tanpa banyak mengadopsi spesifikasi mewah. Pasalnya, sistem operasi Android Go memang ditujukan bagi ponsel-ponsel murah. Nokia 1 akan dibekali dengan memori internal 8GB dan RAM 1GB. Jika pengguna merasa kurang lega, maka memori internal tersebut masih bisa diperluas lagi.

Menurut laporan, Nokia 1 telah beresolusi HD ( 720p ), yang bisa dikatakan sebagai hal spesial untuk smartphone entry level. Hanya ke-3 spesifikasi itulah yang baru diketahui, soal spesifikasi lain masih belum diungkapkan.


SPESIFIKASI HARGA NOKIA 1

Menurut rencana, ponsel Nokia 1 akan mulai dijual di sejumlah pasar pada bulan Maret 2018. Harga yang dibanderolnya adalah 80 Euro atau sekitar Rp. 1.200.000. Tidak hanya Nokia, Vendor Smartphone Huawei juga dirumorkan turut merilis produknya untuk Android Go.

Sekedar informasi saja, Android Go adalah sistem operasi yang memang ditujukan pada perangkat Smartphone murah atau Low-End. Walaupun berbasis Android Oreo, akan tetapi sistem operasi ini didesain supaya mampu berjalan secara optimal pada perangkat RAM 1GB atau 512MB.

Pihak Google sendiri juga sudah memberikan dukungan penuh terhadap kehadiran Sistem Operasi terbarunya ini. Google menyiapkan versi ringan untuk beberapa aplikasi besutannya, seperti Google Assistant, Gmail, YoutTube, dan Google Maps.

Aplikasi khusus Android Go didesain dengan ukuran jauh lebih kecil dibandingkan versi regular. Dengan demikian, ia tidak akan menghabiskan banyak memori perangkat. Kendati demikian, Google memastikan pengalaman penggunanya akan tetap optimal, sebab performa aplikasi sudah disesuaikan dengan spesifikasi.

Tidak cukup sampai disitu saja, Google juga menawarkan fitur penghemat data, baik dari yang sudah tersedia yakni Google Chrome sampai aplikasi Datally yang berfungsi memonitor penggunaan data.

Raksasa internet ini juga mengajak para pengembang untuk menyiapkan aplikasi yang kompatibel dengan sistem Android Go. Hal ini diutarakan secara langsung oleh James Sander selaku Director of Google Play APAC, ketika penyelenggaraan Google Playtime Asia Tenggara 2017.

Ia mengutarakan, jika sekarang ini pengguna Android aktif sudah mencapai 2 miliar. Jumlah ini akan terus meningkat seiring perkembangan waktu.

PENUTUP

Demikianlah informasi tentang produk terbaru Android Go besutan raksasa teknologi Google, tentu Sistem Operasi ini sudah sangat ditunggu oleh para pecinta ponsel pintar Android untuk merasakan fasilitas cangggih yang akan disajikan dalam Android Go. 

No comments:

Post a Comment