Sunday, December 10, 2017

Ini nih 3 sumber penghasilan Youtuber

Youtuber adalah orang yang memiliki aktivitas mengupload video di media sosial Youtube dan menjadi partner Youtube.

Video yang kita upload di Youtube itu bisa berupa video informasi maupun hiburan. Yang terpenting adalah video yang memberikan manfaat bagi penontonnya.
Sumber Penghasilan Youtuber
dan dari kegiatan ber-Youtube ini mereka bisa mendapatkan penghasilan meskipun kita hanya duduk-duduk santai, atau kalau dalam istilah kerennya yaitu pasiv income, uang mengalir sendiri pada rekening kita hanya bermodalkan video.

Tentunya kamu penasaran kan, dari mana sih youtubers mendapatkan uang?, dulu sayapun juga tidak habis fikir, ko’ bisa ya hanya upload video di Youtube bisa mendapatkan penghasilan.

Setelah bertanya kesana kemari, ternyata benar orang yang punya video di youtube memang bisa dapat uang. Tapi bagaimana caranya untuk mendapatkan uangnya?

Baiklah langsung saja kita simak 3 sumber penghasilan dari para youtuber ini.

1. Memasang iklan Adsense

Jika kita sering menonton video Youtube, maka pada beberapa video kita akan menemukan iklan yang ditayangkan sesaat sebelum video dimulai, atau iklan disamping dan bawah video.

Dengan menayangkan iklan pada video youtube, kita akan mendapatkan penghasilan dari bagi hasil antara Youtube dengan kamu.

Untuk bisa menjadi penayang iklan dan mendapatkan penghasilan, kita perlu mendaftar Google adsense untuk Youtube, setelah diterima menjadi penayang iklan, selanjutnya hanya tinggal menunggu orang menonton video kita di Youtube.

Semakin banyak penonton video kita yang dibagikan di Youtube,  maka potensi penghasilan yang didapatkan akan semakin besar, karena Youtubers akan dibayar jika iklannya diklik atau ditonton sampai selesai.

Untuk mendapatkan banyak penonton, kita harus memiliki video menarik yang berpotensi menjadi viral, atau bisa juga kita mempromosikan video melalui media sosial lainnya sehingga banyak orang yang berkunjung pada video Youtube kita.

2. Mengiklankan produk milik sendiri

Disamping kita mendapatkan penghasilan dari Google Adsense, ada cara lain yang bisa menambah pundi-pundi uang pada rekening kita, yaitu dengan mengiklankan produk yang kita miliki.

Caranya adalah membuat video yang berisi promosi produk milik kita, sertakan review dan contoh produk yang sekiranya bisa membuat orang tertarik untuk membeli produk tersebut.

Ada dua keuntungan yang dapat kita peroleh dengan cara ini, yang pertama kita bisa tetap menemukan bahan upload video yang berkualitas. Kedua, produk akan dikenal banyak orang, dan tentunya orang akan tertarik dan membeli produk kita.

3. Menjadi pengiklan produk orang lain

Sumber penghasilan yang ketiga dari video youtube ialah mejadi pengiklan produk bisnis milik orang lain.

Lalu apa bedanya dengan menjadi penayang iklan Google Adsense? jelas berbeda, kalau menjadi penayang iklan Google di Youtube, maka penghasilan akan dibagi dua sesuai ketentuan dari Youtube,

misalnya bagi hasilnya 60:40, kita mendapatkan 60 % penghasilan dari menayangkan iklan, dan Youtube mendapat 40%. Youtube sebagai pihak perantara antara pengiklan dan penayang iklan tentu akan mengambil penghasilan untuk biaya administrasi pihak ketiga.

Sedangkan jika kita secara langsung mendapatkan pesanan dari pengiklan, bayaran atas iklan akan menjadi milik kita sendiri secara utuh tanpa bagi hasil lagi karena sudah tidak menggunakan pihak ketiga atau perantara.

KESIMPULAN

Saat ini kita sudah tidak penasaran lagi dengan beberapa penghasilan dari para Youtubers, dan kita juga bisa mencoba mencari penghasilan dari Youtube mengikuti cara diatas.

Bahkan kita juga bisa mendapatkan penghasilan berlipat jika bisa menggabungkan ketiga sumber penghasilan tersebut.

Tapi yang paling penting untuk mendapatkan penghasilan adalah harus memiliki video berkualitas serta memiliki penonton yang banyak. 


EmoticonEmoticon