Ini dia 9 persiapan sebelum menulis artikel blog

Ini dia 9 persiapan sebelum menulis artikel blog -- Menjalani profesi sebagai blogger bukanlah sesuatu yang mudah, karena dalam menulis artikel kita akan dituntut untuk menyajikan konten yang informatif, sehingga para pembaca bisa merasa nyaman dan betul-betul mendapatkan informasi yang mereka cari.
Ini dia 9 persiapan sebelum menulis artikel blog
Persiapan sebelum menulis artikel blog
Karena ketika pembaca mengunjungi blog kita, tentu karena mereka mencari sesuatu yang dibutuhkan, dan jangan sampai pengunjung merasa kecewa karena blog yang dikunjungi ternyata tidak sesuai harapan mereka.

Lalu bagaimana persiapan kita sebelum menulis artikel?, kita akan membahasnya dengan panjang lebar sesuai pengalaman admin antapedia.com.

PERSIAPAN SEBELUM MENULIS ARTIKEL

1. Memiliki waktu luang

Tentu, persiapan yang pertama ini wajib kita sediakan, yaitu waktu luang atau saat kita tidak memiliki kesibukan lain sehingga bisa fokus terhadap artikel yang kita persiapkan.

2. Mood yang baik

Jika sedang marah atau kesal, maka sebaiknya hentikan rencana menulis artikel karena akan berimbas pada isi artikel yang bisa saja tidak nyambung dengan kata kunci yang kita persiapkan.

Untuk mengatasi bad mood ini, kita bisa mendengarkan musik kesukaan sambil meredakan emosi yang sedang tinggi sehingga otak dan tubuh menjadi rileks dan siap menulis artikel

3. Mencari kata kunci (Keyword) yang spesifik

Kalau menurut admin, kata kunci adalah pegangan kita dalam persiapan sebelum menulis artikel, karena ibarat kita sedang bepergian, maka kata kunci adalah tujuan kita kemana harus sampai.

Persiapkan kata kunci, kalau bisa tulislah dengan besar dan jelas, kemudian letakkan didepan kita saat menulis artikel sehingga saat menyusun kalimat artikel, kita tetap dalam pantauan kata kunci.

4. Membuat kerangka tulisan

Susunlah poin-poin penting yang nantinya bisa kita jabarkan sesuai dengan isi artikel yang ingin ditulis, misalnya kita ingin menulis tentang review ponsel, maka persiapkan deskripsi HP, spesifikasi HP, kemudian harga dan lainnya.

5. Menulis sesuai pengalaman

Kita akan lebih lepas dalam menulis sesuatu ketika pernah mengalami sebelumnya, berbeda ketika ingin membuat artikel namun kita sendiri tidak mengerti apa yang ingin kita sampaikan kepada pembaca.

Dijamin kita akan bingung setengah mati jika menulis sesuatu yang masih asing. Maka benarlah pesan-pesan para master blogging bahwa jika ingin membuat blog harus disesuaikan dengan hoby masing-masing.

Disaat kita menulis sesuai kegemaran, maka disamping kita dapat menguasai artikel, namun juga tidak akan kehabisan ide dalam menulis artikel.

6. Perhitungkan target pembaca artikel

Jika artikel politik yang ingin ditulis, maka seharusnya menggunakan kalimat baku penuh dengan kata-kata ilmiah karena target pembaca kita adalah orang-orang berpendidikan tinggi dan mengerti politik.

Berbeda jika sasaran pembaca kita adalah masyarakat umum, gunakan kalimat yang sederhana dan mudah dimengerti dan tidak membuat mereka berfikir keras dalam menyerap informasi yang dibaca.

7.  Persiapkan judul yang membuat penasaran

Nah, ternyata judul artikel juga mempunyai pengaruh yang sangat kuat untuk menarik minat orang untuk membaca.

Karena di internet sangat banyak artikel yang sejenis, maka yang akan dilihat pertama kali oleh pembaca adalah judul, jika isi artikel padat dengan informasi namun judulnya biasa-biasa saja maka pembaca tidak akan tertarik.

Berbeda dengan judul yang sangat heboh meskipun isinya biasa saja, tentu pembaca akan menyempatkan untuk klik judul tersebut, misalnya “wow ternyata ini rahasia merayu cewek, nomor 5 bikin dia bertekuk lutut dihadapan kamu”.

Kemudian ada blog lain dengan isi artikel  yang sama memiliki judul yang datar-datar saja seperti “Tips merayu cewek”. Tentu secara sukarela kita akan memilih judul yang heboh tersebut.

Namun karena kita harus mengutamakan kepuasan pembaca, sudah seharusnya artikel beserta judulnya berimbang dan pembaca tidak merasa tertipu.

8. Persiapkan kalimat-kalimat humor

Siapapun orangnya pasti menyukai humor, dan ini yang jarang kita sadari karena begitu asyiknya menulis artikel.

Orang-orang yang menghabiskan waktu dengan internet bukan pengangguran, bisa jadi mereka melakukan browsing di internet karena memang sudah jenuh dengan kesibukan mereka.
Jadi selain mereka mendapatkan ilmu dari blog, juga ada hiburan yang dapat membuat mereka tertawa senang.

9. Sajikan artikel dengan kalimat santai

Yang terakhir, sajikan artikel dengan kalimat yang santai namun berbobot, artinya adalah buat setiap poin disenangi pembaca dan membuat mereka memiliki pengetahuan baru.

PENUTUP

Persiapan sebelum menulis artikel blog sangat perlu kita lakukan, karena apapun jika dilakukan tanpa persiapan tentu hasilnya tidak akan maksimal.

Artikel ini bisa jadi panduan bagi kawan-kawan blogger yang bingung harus memulai darimana jika ingin menulis artikel, dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para blogger sehingga bisa memberikan informasi bagi para netizen.

2 Responses to "Ini dia 9 persiapan sebelum menulis artikel blog"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-sehat-mata-softgel/

    ReplyDelete
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essence-galatama-nila/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel