7 Fungsi USB OTG pada Smartphone

7 Fungsi USB OTG pada Smartphone -- USB On The Go atau biasa dikenal sebagai USB OTG adalah salah satu fitur yang disematkan pada Smartphone, sehingga Perangkat tersebut dapat berfungsi untuk mendeteksi perangkat yang berada diluar Smartphone.

USB OTG ini merupakan perpaduan antara Hardware dan Software pada Smartphone, dan tidak semua Smartphone memiliki fitur ini, karena jika Smartphone tidak dilengkapi dengan Hardware USB OTG.
7 Fungsi USB OTG pada Smartphone
7 Fungsi USB OTG 

Maka meskipun kita mengunduh Aplikasi USB OTG, namun Hardware USB OTG tidak terpasang pada Smartphone, tetap saja Aplikasi tersebut tidak akan berfungsi. 

Selama ini kita mengetahui fungsi daripada fitur USB OTG hanya sebatas kegunaan transfer file dari flashdisk ke smartphone atau sebaliknya. Padahal ada banyak fungsi yang bisa kita dapatkan dari USB OTG.

Sekarang Antapedia akan membagikan tentang apa saja fungsi daripada USB OTG ini

1. Menggunakan Mouse di Smartphone

Fitur USB OTG, bisa juga kita manfaatkan untuk menggunakan mouse pada Smartphone, caranya ialah dengan menyambung kabel USB OTG pada smartphone, setelah itu operasikan mouse tersebut pada smartphone layaknya menggunakan Mouse di komputer.

2. Menggerakkan Kipas Angin Portable

Saat ini sudah ada kipas angin portable yang bisa kita gunakan melalui sambungan USB, Nah dengan fitur USB OTG kita tidak perlu menggunakan colokan listrik untuk menggerakkannya.

hanya dengan menyambungkan kipas tersebut pada USB OTG, maka secara langsung kipas akan berputar karena mendapat hantaran daya listrik dari Smartphone.

3. Transfer data dari Flashdisk

Kita sudah banyak tahu bahwa salah satu fungsi dari USB OTG ini adalah untuk mentransfer file atau data dari flashdisk, sehingga kita tidak perlu menggunakan komputer untuk menyalin data, namun bisa langsung melalui kabel USB OTG dan melakukan transfer file dari Flashdisk ke Smartphone ataupun sebaliknya.

4. Menyambungkan USB Light

Fungsi lainnya daripada USB OTG ini adalah untuk menghidupkan lampu USB light, sehingga kita tidak perlu menggunakan bantuan power bank atau charger untuk menghidupkan lampu USB ini.

5.  Membaca Card Reader

Seperti halnya dalam menggunakan flashdisk pada USB OTG, fungsi ini juga bisa kita manfaatkan untuk mentransfer data atau file secara langsung dari kartu memori menggunakan fasilitas Card Reader.

6. Menyambungkan kamera OTG Pada Smartphone

Selanjutnya adalah dengan menyambungkan kamera eksternal melalui USB OTG, sehingga bidikan kamera OTG ini akan secara live tampil pada Smartphone kita.

7. Mengecas dari sesama Smartphone

Fungsi USB OTG yang ke 7 adalah kita dapat mengecas smartphone satu menggunakan smartphone yang lain, caranya yaitu kita tinggal menyambungkan kabel USB OTG pada sesama smartphone, maka pada saat itu juga kita telah melakukan pengecasan pada Smartphone.

PENUTUP

Demikianlah pembahasan kita tentang 7 Fungsi USB OTG pada Smartphone, dan sekarang kita sudah bisa mencoba berbagai fungsi tersebut dan mendapatkan fasilitas praktis dari fungsi USB OTG ini.

3 Responses to "7 Fungsi USB OTG pada Smartphone"

  1. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://kapsulgamatemaswalatra.com/walatra-sehat-mata-softgel/

    ReplyDelete
  2. thanks Informasinya jangan lupa kunjungi kami di http://aromaessen.com/essence-galatama-nila/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel