9 Cara Melindungi mata dari radiasi Komputer

Baiklah sahabat antapedia kita bertemu lagi dalam berbagai pembahasan pembahasan yang menarik melalui blog info Antapedia.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya pada era yang sudah modern ini, setiap pekerjaan selalu saja berhubungan dengan perangkat yang bernama komputer.

Nah ketika kita memiliki ketergantungan kepada komputer maka akan ada banyak hal yang yang bisa kita kerjakan melalui komputer ini, misalnya dalam mengolah data, membuat desain pekerjaan ataupun hanya sekedar melakukan rekapitulasi dari pekerjaan kita.

Namun jangan lupa terlalu asyik dengan komputer, juga bisa menyebabkan kerugian bagi kita khususnya dalam hal kesehatan mata, bukan karena apa, tapi yang paling banyak berinteraksi dengan layar komputer adalah mata kita.
9 Cara Melindungi mata dari radiasi Komputer
9 Cara Melindungi mata dari radiasi Komputer
Nah, sangat perlu untuk melindungi mata dari radiasi komputer, karena memiliki kondisi mata yang sangat baik adalah keinginan dari pada semua orang.

Dan setiap orang terlahir memiliki mata yang normal, tapi dengan bertambahnya usia serta berbagai aktivitas yang kita jalani maka akan ada beberapa gangguan mata yang harus dialami, misalnya mata yang cepat lelah atau kepekaan penglihatan yang mulai berkurang.

Salah satu penyebab dari gangguan mata di atas salah satunya bisa saja karena kita terlalu sering berada di depan komputer, selain gangguan mata yang mudah menjadi lelah ketika kita berada di depan layar komputer gangguan radiasi ini juga dapat menyebabkan kita merasa pusing atau bahkan mual sehingga bisa menjadi penyebab terhadap berbagai macam penyakit lainnya.

Bagaimana jika pekerjaan kita setiap hari harus selalu berhubungan dengan komputer?

Baiklah kawan-kawan tidak usah bingung karena tips dibawah ini akan membahas secara panjang lebar bagaimana cara melindungi mata kita dari bahaya radiasi yang ditimbulkan oleh layar komputer.

1. Tidak menatap layar komputer dalam waktu yang lama

Karena mata kita bukan mesin yang bisa kita gunakan secara nonstop, maka sudah seharusnya kita sangat memperdulikan tentang kesehatan mata ini.

Bagaimana caranya? yaitu dengan memberikan waktu istirahat kepada mata kita setelah sekitar 30 menit sampai 1 jam kita berhadapan dengan layar komputer, misalnya dengan mengalihkan pandangan ke tempat lain atau beranjak dari tempat duduk untuk sekedar melihat-lihat keadaan di luar ruangan. Berikan waktu sekitar 10 menit agar mata kita bisa beristirahat dengan baik.

2. Menjaga jarak mata kita dengan komputer

Kadangkala tanpa kita sadari karena terlalu asyik bermain komputer sehingga mata kita sangat dekat dengan layar komputer, ini bukan saja dapat merusak mata namun juga bisa membuat punggung kita terasa sakit karena posisi tubuh saat kita beraktivitas tidak berada pada posisi yang semestinya.

3. Menggunakan pelindung layar komputer

Dan cara lain untuk melindungi mata kita dari bahaya radiasi layar komputer yaitu kita dengan menggunakan filter atau pelindung layar komputer sehingga radiasi tersebut tidak mengenai mata kita secara langsung.

Berapakah jarak yang aman antara mata kita dengan layar komputer? kita bisa memperkirakan ukuran jarak yaitu sekitar 50 sampai 60 cm.

4. Memperhatikan posisi layar Komputer

Posisi layar juga sangat penting dan berpengaruh terhadap mata kita, hal ini bisa kita bayangkan jika posisi layar komputer berada lebih tinggi atau terlalu rendah dari mata kita, tentunya ini juga akan mengakibatkan leher terasa sakit karena dipaksa fokus kepada objek yang sulit.

Posisi yang baik adalah posisi yang sejajar dengan mata sehingga kita bisa leluasa dalam mengoperasikan komputer dengan posisi yang santai dan nyaman.

5. Melakukan pengaturan cahaya layar

Untuk poin pengaturan cahaya layar ini kita sudah bisa menyesuaikan dengan suasana ruangan tempat kita mengoperasikan komputer.

Ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata karena pencahayaan yang terlalu terang ataupun terlalu gelap ini bisa membuat mata kita bekerja lebih dari biasanya.

Sesuaikan pencahayaan ini dengan kebutuhan mata kita dan hanya kita yang tahu seperti apa cahaya yang diperlukan.

Karena biasanya menurut pengalaman penulis, cahaya layar terlalu terang dapat membuat kita silau dan mata terasa sakit.

Sebaliknya layar yang terlalu gelap sangat memforsir mata agar bisa menangkap objek dengan baik. Ini juga berakibat mata kita menjadi cepat lelah.

6. Menggunakan Kacamata Anti Radiasi

Saat ini sudah banyak dijual di pasaran berbagai macam kacamata anti radiasi sehingga bisa membantu mengamankan mata kita dari pancaran radiasi saat berhadapan dengan layar komputer.

7. Jangan lupa berkedip

Sebenarnya berkedip ini adalah suatu aktivitas rutin yang dilakukan oleh mata, namun kadang karena kita terlalu fokus kepada layar komputer sehingga lupa untuk berkedip,

Cobalah untuk berkedip atau bahkan memejamkan mata dalam beberapa detik ini berfungsi agar mata kita bisa mendapatkan pelumas ataupun air mata agar mata tidak kering dan perih.

8. Banyak mengkonsumsi asupan vitamin A

Sudah tentu meskipun kita tidak selalu berinteraksi dengan layar komputer asupan vitamin ini sangat dibutuhkan oleh mata sehingga mata bisa tetap terjaga dan terpenuhi kebutuhan vitamin yang sesuai untuk mata, yaitu vitamin a

Vitamin ini bisa kita peroleh dengan mengkonsumsi sayuran berupa wortel kita bisa memakannya secara mentah atau jika tidak kita dapat mencoba membuat Jus wortel kemudian meminumnya.

9. Meletakkan tanaman di dekat komputer

Nah kita pasti bingung kan kalau harus meletakkan tanaman di dekat komputer ya tanaman yang diletakkan didekat komputer ini juga dapat membantu menyerap radiasi sehingga efek dari pada radiasi komputer ini bisa berkurang terhadap mata kita,

Kita bisa memilih tanaman-tanaman yang bagus di dalam pot kemudian diletakkan di samping komputer, seperti tanaman kaktus, sekaligus menjadi penghias ruangan namun juga berfungsi untuk menyerap radiasi yang ditimbulkan oleh komputer.

Ingat tanaman asli ya, bukan hiasan tanaman dari plastik

Kesimpulan

Dari berbagai macam pembahasan diatas tentu tujuannya yaitu ingin membuat mata kita tetap sehat dan tidak mudah lelah.

yang paling penting adalah bagaimana agar kita bisa istirahat tidak terlalu banyak mempekerjakan mata, misalnya dengan menyebab menyempatkan tidur.

Jika hari libur kita bisa berekreasi ke tempat-tempat yang alami yang banyak pohon berwarna hijau sehingga mata kita menjadi lebih fresh dan siap untuk difungsikan dalam berbagai aktivitas kita, khususnya yang berkaitan dengan komputer.

0 Response to "9 Cara Melindungi mata dari radiasi Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel