Friday, June 2, 2017

8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android

8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android --  Dewasa ini memiliki Smartphone android bukan sesuatu yang sangat istimewa lagi, karena smartphone android sudah bisa dimiliki oleh berbagai kalangan dan harganya yang sangat terjangkau.
8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android
8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android
Dengan adanya smartphone android, ini dapat menyebabkan sebagian besar penggunanya merasa kecanduan atau memiliki rasa ketergantungan.

Betapa tidak, ratusan aplikasi keren dan menarik akan membuat kita rela menghabiskan waktu-waktu berharga hanya dengan mengoperasikan Smarphone android, dan tanpa menyadari bahwa sebagai manusia kita perlu bersosialisasi secara nyata dengan manusia lainnya.

Ini bisa saja menjadi sesuatu yang buruk karena keseharian kita hanya terfokus pada satu objek yaitu Smartphone, jika tanpa smarphone kita akan merasa tidak tenang.

Nah, sangat mengganggu sekali bukan? Rasa ketergantungan yang berlebihan ini dapat menyebabkan kita gelisah jika berjauhan dengan Smartphone Android

Lalu bagaimana cara mengurangi ketergantungan kita pada Smartphone Android?

Ada 8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone android, seperti yang akan kita bahas dibawah ini:

1. BERSOSIALISASI DENGAN ORANG LAIN
Pada umumnya para pecandu Smartphone akan cuek dengan keadaan sekitar, karena mereka hanya fokus pada smartphonenya.

Kemanapun dia pergi tidak akan lepas dengan benda kesayangan yang bernama smartphone, dia menganggap tidak butuh lagi dengan orang lain karena apa-apa yang dibutuhkan bisa dipenuhi dari Smartphone.

Ini sesuatu yang salah, segeralah ubah kebiasaan kurang baik tersebut. Letakkan smartphone kita dan carilah teman nyata untuk mengobrol atau melakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

2. MENGATUR WAKTU

Selanjutnya adalah mengatur waktu, misalnya membuat jadwal kapan kita perlu mengoperasikan Smartphone. Cara ini sekaligus juga akan melatih rasa disiplin dalam kehidupan kita.

Kita bisa memakai aplikasi pengingat lama waktu dalam menggunakan Smartphone, sehingga bisa tahu bahwa kita sudah terlalu lama menggunakan smartphone.

3. JANGAN MENYIMPAN KONTEN DEWASA
Smartphone dengan salah satu keunggulan yang bisa dioperasikan layaknya perangkat komputer, baik dalam hal menyimpan data maupun memainkannya.

Salah satu faktor yang membuat kita ketagihan menggunakan Smatphone android adalah adanya konten menarik, misalnya konten dewasa. Hal ini sangat menjadi candu dan ingin selalu melihat konten tersebut.

Jika kita ingin terbebas dari kecanduan Smartphone, usahakan dengan sungguh-sungguh untuk tidak menyimpan konten tersebut.

4. JANGAN BAWA SMARTPHONE KE TEMPAT TIDUR
Aktifitas yang paling asyik adalah bermain Smartphone ditempat tidur, kebiasaan ini tentunya akan menjadi penyebab bertambahnya ketergantungan pada Smartphone.

Jauhkan Smartphone dari tempat tidur, karena selain mengganggu kualitas istirahat kita, bermain smartphone dapat membahayakan kesehatan karena yang diakibatkan oleh frekuensi radio elektromagnet yang mengganggu otak kita.

5. JANGAN SELALU MEMBELI SMARTPHONE BARU
Perkembangan Smartphone setiap saat terus berubah menjadi semakin canggih, ini berpotensi untuk membuat kita tergoda untuk membeli smartphone baru, dan dengan memiliki Smartphone baru akan membuat kita tambah penasaran dengan fasilitas dari Smartphone tersebut.

Berhentilah untuk selalu membeli Smartphone yang baru, karena meskipun kantong kita sampai jebol, kita tetap saja akan kecanduan bahkan semakin parah.

6. MENYIBUKKAN DIRI DENGAN KEGIATAN LAIN
Apakah kita merasa kurang fokus terhadap pekerjaan? Jika iya, maka mungkin masalah terbesarnya adalah karena kita terlalu sibuk dengan Smartphone.

Maka cara jitu untuk mengatasinya yaitu mencoba untuk menyibukkan diri dengan aktivitas kerja kita, atau jika belum bisa fokus karena selalu ingat Smartphone, maka lakukan hoby bebas lainnya untuk memancing berhenti dari kebiasaan ber-Smartphone.

Setelah sukses tidak tergantung lagi pada Smartphone, maka bisa memulai lagi untuk mencintai pekerjaan wajib kita, apalagi bagi yang sudah berkeluarga, wajib hukumnya untuk bekerja dan mencari nafkah, dan Smartphone hendaklah dijadikan aktivitas nomor sekian.

7. COBALAH JAUHI SMARTPHONE SELAMA 2 JAM
Bagi yang sudah kecanduan Smartphone, jangankan menjauhinya selama 2 jam, 5 menit saja kangennya sudah minta ampun.

Tapi cobalah untuk berlatih menahan diri selama 2 jam tersebut, gunakan 2 jam ini untuk melakukan aktivitas produktif lainnya, kalau kita sudah bekerja, maka utamakan pekerjaan terlebih dahulu, atau Jika kita masih berstatus pelajar, gunakan waktu untuk belajar.

Dengan 2 jam tersebut kita juga bisa menemani orang-orang tersayang, karena kebanyakan dari kita yang sudah kecanduan Smartphone, selalu mengacuhkan kawan atau kekasih yang sedang mengajak berbicara. Jika 2 jam sudah sukses, maka bisa ditambah menjadi 3 jam dan seterusnya.

Disadari atau tidak, ketergantungan pada Smartphone ini secara tidak langsung telah membiarkan diri kita untuk berpisah dari dunia nyata, karena hanya disibukkan misalnya hanya dengan membalas chat teman dunia maya.

KESIMPULAN
Rasa ketergantungan pada Smartphone secara berlebihan ini sangat menimbulkan dampak negatif, karena keseharian kita hanya berkutat dengan Smartphone.

Dan hal ini bisa sangat berbahaya apabila kita tidak bisa mengontrol diri untuk mengoperasikan Smartphone, contohnya saat berkendara karena kita dituntut untuk fokus pada kemudi bukan pada Smartphone.

Demikianlah 8 Cara mengurangi ketergantungan pada smartphone, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semuanya.

19 komentar

Kayaknya susah deh untuk jauh dari smartphone karena SP telah menjadi tren tersendiri bagi pelakunya bahkan ada iklan yg sangat menampar buat kita di mana ada seorang anak TK ingin sekali Menjadi smartphone.
Pasalnya selalu di perhatikan setiap saat oleh kedua orang tuanya melebihi perhatinnya kepda anak.

Wah Artikel itu cukup membantu saya untuk lebih menjauhi HP. Makasih gan sudah diberikan tips nya.karena hari hari ini saya seri ketagihan main HP seperti tidak bisa jauh jauh sama HP. Semoga dengan tips ini saya lebih menjauh HP saya. Makasih

Wah sangat bermanfaat banget nih tipsnya lagi pula smartphone sudah seperti bagian hidup kita .padahal dampak negatif yang ditimbilkan besar dan kita sering tiak menyadarinya.Semoga setelah membaca artikel ini saya mulai tidak.ketergantungan smertphone lagi.Makasih min.

Wah inilah yang saya cari, saya sangatlah kecanduan dengan smartphone. Bahkan sampai lupa dengan belajar dan akhirnya nilai saya kurang bagus. Tapi setelah baca ini saya akan berusaha untuk menjauhinya.

memang agak susah untuk mengurangi ketergantungan pada smartphone terutama android, saya sendiri sering menghabiskan banyak waktu memandang hp. Semoga cara diatas berhasil, saya coba praktekan dulu. terima kasih atas informasinya.

Saya suka dengan smartphone dan detail harinya pun pasti megang smartphone. Tapi hari yang berlalu punya tiba. Saya disuruh untuk ke pesantren. Rasanya berat banget ninggalin smartphone. Dengan cara di atas mungkin akan membantu saya

Saya termasuk orang yang gabisa lepas dari smartphone tapi berkat artikel diatas cukup membantu untuk ga bergantung pada smartphone, makasih ya infonya

Saya tidak bsa lepas dari smartphone dan mengatasinya sangat sulit, Jadi seperti itu cara atasinya ok saya praktekkan

Waduh susah deh kalo gini gak pengang hp sejam kayak dunia udah gak berwarna lagi nih, karena saya ngeblog biasa juga lewat hp juga kalau gak on di pc ketika waktu senggang ngetik bikin artikel lewat smartpgone.

kayaknya susah deh mas hehe, apalagi kalo sosialisasi pas keadaan garing pasti satu sama lain main hpnya masing-masing

bagus nih artikel. bisa mengatur agar tidak kecanduhan bermain hp. makasih atas infonya gan

Alhamdulillah tips no 1 - 6 sudah saya lalukan tapi no 7 itu yang sulit. Saran admin.

klo aku sih caranya simple mas.,., yaitu KERJA.,., karena di kantorku ada peraturan selama bekerja dilarang bermain HP. kecuali klo ada panggilan penting dan sedang istirahat kerja..,namun faktanya menjauhkan diri dari hp di jaman modern sekarang rasa-rasanya cukup sulit.. heheh

Aduh hp sesuatu hal yang sangat sulit untuk di tinggalkan, kecuali hpnya ilang dan ortu tidaj membrlikannya lagi agar tidak ketrgantungan

Makasih ya gan atas infonya tentang 8 cara mengurangi ketergantungan main hp. Karena saat ini saya sering sibuk dengan HP. Semoga bermanfaat

nice info gan . sangat bermanfaat

sulit gan tnpa smarthphopne dunia hampa

Emang menghilangkan ketergantungan pada ponsel sulit gan. Btw artikelnya nice

terkadang saya pun suka lupa waktu saking asyiknya main game online di smartphone


EmoticonEmoticon