10 Cara mengatasi baterai android cepat habis

10 Cara mengatasi baterai android cepat habis--Sudah menjadi hal yang lumrah bagi para pengguna smartphone, bahwa masalah serius yang sering dialami adalah baterai yang cepat habis.

Bukan tanpa alasan, karena dengan smartphone berbagai aplikasi dapat dijalankan pada waktu yang bersamaan, Sudah tentu aktivitas tersebut membutuhkan daya baterai yang besar.

Apalagi masih ditambah dengan daya baterai yang dibutuhkan cahaya layar smartphone, pencarian jaringan operator agar sinyal tetap terjaga serta kebutuhan sistem operasi lainnya.

10 Cara mengatasi baterai android cepat habis
10 Cara mengatasi baterai android cepat habis
Oke alasan diatas bisa termasuk kebutuhan daya baterai yang wajib pada smartphone, namun disamping kabutuhan tersebut, ada beberapa hal penting yang perlu kita terapkan pada smartphone, agar baterai lebih awet dan tidak boros.

Berikut adalah cara mengatasi baterai android yang cepat habis

1. MATIKAN APLIKASI YANG TIDAK DIGUNAKAN
Terkadang tanpa disadari pada  smartphone kita terdapat beberapa aplikasi aktif namun tidak diperlukan misalnya aplikasi sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan lain sebagainya.

Hal ini juga berpotensi untuk menguras daya baterai, meskipun tidak sedang kita gunakan namun dengan otomatis aplikasi tersebut berjalan dan sewaktu-waktu melakukan update dengan sendirinya.

Matikanlah aplikasi tersebut dan aktifkan disaat kita akan mengoperasikannya, maka daya baterai akan lebih hemat dan tidak terbuang percuma.

2. MENGURANGI WIDGET LOCKSCREEN
Biasanya Widget Lockscreen ini selalu tampil pada halaman depan ponsel, banyak widget lockscreen yang informatif dan menarik, seperti update cuaca, jam maupun kalender.

Sama halnya dengan poin pertama, widget ini juga berjalan meskipun smartphone dalam keadaan standby dan cukup memakan daya baterai.

Silahkan di nonaktfikan juga guna menghemat daya baterai agar tidak cepat habis.

3. REDUPKAN KECERAHAN LAYAR
Pengaturan layar ini sangatlah penting dalam rangka pengiritan daya baterai, karena semakin tinggi kecerahan layar maka akan semakin besar juga daya yang dibutuhkan.

Dianjurkan untuk menyesuaikan kecerahan layar ini dengan kakuatan mata kita, aturlah menjadi lebih redup dan nyaman di mata.

Disamping mengamankan mata, maka layar yang redup sesuai kebutuhan juga turut membuat baterai tahan lama.

4. MEMATIKAN NADA GETAR
Nada getar ini sangat menguras daya baterai, ini dikarenakan proses untuk menggerakkan penggetar pada Dinamo elektrik butuh daya baterai yang banyak.

Matikanlah Nada getar atau fitur getar saat disentuh, karena meskipun tanpa fitur ini, kita akan tetap mengetahui saat ada notifikasi pada smartphone kita.

5. MATIKAN BLUETOOTH, WIFI, MAUPUN DATA
Fitur-fitur tersebut juga cukup menguras daya baterai karena fitur ini akan mencari sinyal atau objek pasangan yang berada disekitar. Matikan jika tidak digunakan.

6. MENGATUR WAKTU SLEEP ANDROID
Waktu sleep android ialah pengaturan waktu mati layar android secara otomatis jika tidak digunakan, misalnya 1 atau 2 menit setelah kita melakukan operasi terakhir pada android.

Ini berguna untuk mengurangi penggunaan daya baterai pada android dan layar akan mati secara otomatis sesuai waktu yang telah ditentukan.

7. MEMATIKAN SMART FITUR PADA ANDROID
Smart Fitur ini seperti fitur rotasi otomatis, ini memang cukup nyaman digunakan karena akan menyesuaikan dengan kemiringan layar.

Namun  jangan kaget jika baterai smartphone cepat habis karena sensor fitur rotasi ini cukup banyak membutuhkan daya baterai, Maka kita bisa mematikan fitur tersebut dan mulai berhemat daya baterai.

8. GUNAKAN MODE PESAWAT
Jika kita melakukan perjalanan yang cukup jauh, cobalah untuk menggunakan mode pesawat jika ponsel tidak digunakan, dengan mode pesawat maka kita telah menutup semua proses sambungan data maupun seluler pada smartphone.

Tentu hal ini akan lebih menghemat baterai dan kita dapat menggunakan smartphone dengan lebih lama saat jauh dari tempat pengisian daya.

9. SELALU MEMBAWA POWER BANK
Ya iyalah, kalau sudah membawa powerbank, tentunya baterai akan lebih tahan lama karena dibantu oleh alat tersebut.

Tapi opsi ini juga perlu, karena kita tidak boleh hanya mengandalkan baterai bawaan ponsel. Powerbank akan sangat membantu dalam menjaga daya baterai.

10. GUNAKAN PONSEL SEPERLUNYA SAJA
Cara yang terakhir ini tentu sangat berpengaruh terhadap boros atau tidaknya daya baterai, setelah mengikuti tips diatas maka sekarang dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponsel jika tidak sedang dibutuhkan.

KESIMPULAN
Dari berbagai cara yang telah dibahas diatas, intinya adalah gunakan ponsel dan fiturnya sesuai kebutuhan kita sehingga baterai akan lebih hemat. Semoga bermanfaat.

7 Responses to "10 Cara mengatasi baterai android cepat habis"

  1. Kalo batrai yg tidak kembung tapi sangat boros sekali itu kenapa ya ? Padahal udh di awet2in dan jarang di gunakan hp nya.tapi Tetap saja berkurang, solusinya apa gan ?

    ReplyDelete
  2. Gan katanya batre yang sudah drop bisa digunakan lagi kalo dimasukin kulkas dan katanya juga tambah hemat batrenya
    Betul gak itu gan? ?

    ReplyDelete
  3. Bisa di coba nie tipsnya soalnya baterai hp saya cepat habis, mungkin dengan cara ini akan sedikit membuat baterai memjadi awet

    ReplyDelete
  4. cocok nih, selama ini baterai cepat habis dan mengechargenya pun butuh waktu lama. Tak coba dulu cara diatas, semoga berhasil. Terima kasih atas informasinya.

    ReplyDelete
  5. Bagus juga nih tipsnya, tambahan dikit jika di smartphone terdapat fitur power saving gunakan tersebut karena bisa menghemat battery juga.

    ReplyDelete
  6. Wah kebetulan nih. Batre saya boros banget. Nanti tak cobane ah. Oh iya, mau tanya, apakah wallpaper juga berpengaruh kepada borosnya batre ? Thanks

    ReplyDelete
  7. Intinya sih gunakan seperlunya kalo terus terusan dipake ya batrenya cepet abis

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel