Cara back up template blogger

Cara back up template blogger--Bagi kita yang suka mengotak-atik template blog tentu harus dilakukan dengan sangat hati-hati, khususnya para pemula yang ingin melakukan eksperimen dengan editing template blog.
Cara back up template blogger
Cara back up template blogger

Karena apa? Jika kita kurang mengerti bahasa pemrograman, nanti yang ada malah merusak susunan perintah yang ada didalam template.

APAKAH TEMPLATE ITU?

Template adalah suatu aplikasi web blog yang berfungsi untuk memperindah tampilan wajah daripada blog atau web yang kita miliki.

Bisa dibayangkan, kalau kita mempunyai tampilan blog yang acak-acakan dan tidak teratur, hal ini akan membuat pengunjung merasa cepat bosan dan tidak tertarik untuk berkunjung kembali pada blog tersebut.

Jadi disini kita bisa mengetahui arti pentingnya memiliki tampilan template blog yang menarik dan menyenangkan bagi pangunjung.

APAKAH PENTING UNTUK SELALU BACK UP TEMPLATE BLOGGER?

Berdasarkan pengalaman saya sebagai pemula yang sering mengedit template, dan kemudian hasil editannya menjadi rusak, maka sangat penting untuk selalu melakukan back up pada template secara berkala, khususnya sebelum melakukan edit template.

Back up ini berguna untuk mengamankan template lama, sehingga jika terpaksa template hasil editing kita bermasalah dan kurang cocok, maka kita tetap bisa kembali menggunakan template sebelumnya yang telah kita back up.

Dan kita tidak perlu merasa risau karena proses back up template blogger ini cukup mudah, situs blogger memang telah menyediakan fitur untuk back up template atau sebaliknya yaitu mengupload template lama.

BAGAIMANA CARA BACK UP TEMPLATE BLOGGER?

Baiklah langsung saja kita simak langkah-langkah dibawah ini:
  1. Masuklah pada akun blogger kita, kemudian pilih nama blog yang ingin di back up templatenya.
    Cara back up template blogger
    Menu Tema
  2. Pilih menu Tema dan setelah itu muncul sub menu dari Tema, klik tombol Cadangkan/Pulihkan.
    Cara back up template blogger
    Mencadangkan Tema
  3. Setelah itu akan muncul pop up window Cadangkan / Pulihkan, tekan Download Tema.
    Cara back up template blogger
    Download Tema
  4. Klik tombol OK untuk menyimpan file bereksistensi .XML tersebut pada drive penyimpanan komputer kita.
    Cara back up template blogger
    Menyimpan file bereksistensi xml
  5. Sukses, Kita sudah selesai melakukan back up template, silahkan ubah nama filenya dengan nama yang mudah kita ingat.
 MANFAAT MEMBACK UP TEMPLATE

Back up template ini sangat penting baik bagi pemula maupun profesional, karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga jika nantinya template yang kita gunakan sudah tidak cocok lagi atau rusak.

Maka jalan terbaiknya adalah mengembalikan pada template sebelumnya menggunakan file template yang telah diback up td. Sehingga kita tidak perlu lagi mengedit template baru yang belum tentu memiliki kualitas seperti template sebelumnya.

PENUTUP


Cara back up template blogger ini cukup mudah, namun manfaatnya sangat besar. Sehingga dianjurkan bagi kawan-kawan blogger untuk selalu melakukan back up secara berkala.

Baca Selanjutnya: Cara mudah mengganti template blog

6 Responses to "Cara back up template blogger"

  1. Mudah banget ternyata. Cocok buat pemula seperti saya. Terima kasih ya Informasi nya. Bisa buat upload Template juga cara ini karena hampir sama

    ReplyDelete
  2. Makin kesini makin sering melakukan backup template blogger, Penting banget ternyata ! apalagi kalau seperti saya yang sering oprek template tapi gak bisa balikinnya lagi, nah loh satu satunya solusi dengan melakukan tutorial diatas yaitu membackup template

    ReplyDelete
  3. Nah awal awal ngeblog dulu tahun 2015, pas kenal kenal nya blogging, ane juga sering back up template nih rajin bener. Tapi ada kalanya kita rutin untuk back up template, apalagi yang sering otak atik html template wajib banget tuh back up template takutnya nanti template tersebut jika tidak di back up sebelumnya akan memiliki bug yg sangat banyak setelah di otak atik.

    ReplyDelete
  4. Ini yang saya cari cari back up template penting banget buat saya karena saya masih mencari template yang cocok buat blog saya, dengan begini saya tak perlu capek capek buat mengatur ulang setiap ganri template terimakasih admin

    ReplyDelete
  5. untuk template edukasi gitu, apa ya namanya? atau template personal yang bagus untuk lomba-lomba

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel