-->

9 Cara menulis artikel yang enak dibaca

Menulis artikel yang enak dibaca, Artikel adalah salah satu tiang penyanggah yang kokoh bagi sebuah blog, karena dengan artikel kita bisa membuat blog lebih bervariasi dan mempunyai sesuatu yang bisa ditawarkan kepada pembaca.
9 Cara menulis artikel yang enak dibaca
Cara menulis artikel yang enak dibaca
Tentunya artikel yang kita buat untuk blog haruslah bermanfaat dan mudah dicerna oleh para pembacanya, karena jika artikel yang kita miliki berkualitas maka pembaca tidak akan merasa rugi dalam mengunjungi blog kita.

PERBEDAAN KARAKTER PENULIS

Dan gaya penulisan artikel dari setiap blogger ini berbeda-beda, mereka memiliki ciri khas tersendiri dalam pembawaan bahasa, gaya penulisan maupun metode penyampaian isi informasi kepada pembaca.

Perbedaan ini sah-sah saja dan sangat baik, mengingat karakter setiap orang tidaklah sama, dan pembaca pun akan memiliki rasa suka yang berbeda terhadap berbagai ciri khas penulisan artikel yang telah dibacanya.

Namun dari berbagai perbedaan tersebut, tetap ada kaidah atau aturan tidak tertulis yang harus diperhatikan para penulis artikel, yaitu tetap mengutamakan readability atau enak dibaca dan kita menulis secara garis besar untuk manusia bukan untuk mesin saja.

BAGAIMANA CARA MENULIS ARTIKEL YANG ENAK DIBACA?

Pembahasan kita kali ini adalah tentang cara menulis artikel yang enak dibaca dan mudah dicerna oleh pembacanya, serta tidak membuat jenuh, berikut ulasannya.

1. GUNAKAN OPENING ARTIKEL YANG PENDEK

Sebagai perbandingan saja, saat kita membaca artikel orang lain dengan bahasa pembukaan yang panjang lebar, tentu perasaan kita akan cepat bosan dan ingin segera beralih membaca paragraf dengan sub judul yang lain.

Inipun terjadi pada orang lain yang mengunjungi blog kita, lalu membaca artikel dengan opening dipanjang-panjangkan, maka tanpa menyelesaikan membaca, mereka akan pindah pada paragraf lain yang lebih menarik.

Gunakanlah bahasa pembukaan yang ringkas, padat dan jelas dan tidak bertele-tele, sehingga pembaca dapat segera menemukan poin utama dari inti yang ingin disampaikan penulis artikel

2. MENGGUNAKAN PARAGRAF YANG PENDEK ATAU SEDIKIT

Karena target pembaca kita adalah manusia bukan robot, maka seharusnya kita menulis artikel dengan paragraf yang pendek, karena kemampuan merayapi tulisan oleh manusia itu terbatas.

Berbeda dengan mesin yang memang  akan sanggup melakukan perayapan menyeluruh kepada artikel yang telah di bagikan. pembaca manusia akan merasa lelah saat melihat tulisan yang tidak kunjung selesai atau tidak memiliki spasi paragraf.

3. MENULIS SUB JUDUL SETIAP PARAGRAF DENGAN HURUF TEBAL

Berfungsi sebagai batas pembahasan baru, sub judul dalam setiap paragraf mempunyai peranan penting bagi pembaca, karena dari judul bisa diperolah gambaran tentang apa yang menjadi isi paragraf judul tersebut.

Aturlah sub judul paragraf menjadi huruf tebal sehingga dapat dibedakan antara sub judul yang pertama dan selanjutnya.

4. MENGGUNAKAN BAHASA PENULISAN YANG SEDERHANA

Pembaca artikel kita akan datang dari berbagai golongan, jenjang pendidikan yang berbeda, maka alangkah baiknya bahasa yang digunakan adalah bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh masyarakat luas.

Pertimbangannya adalah, jika kita menggunakan bahasa penulisan misalnya memakai bahasa ilmiah populer, maka yang akan mengerti adalah orang-orang yang berlatar belakang pendidikan tinggi dan tidak semua masyarakat mampu mengerti.

Namun sebaliknya, jika digunakan bahasa yang sederhana, maka dari pembaca yang memiliki pendidikan tinggi sampai yang rendah sekalipun akan mudah memahaminya.

5. BAHASA TIDAK TERLALU KAKU

Penyampaian bahasa artikel tidak perlu terlalu formal, namun dan juga tidak terlalu vulgar, tetap mengingat target pembaca yang kita bidik. Yang penting tetap sopan dan terarah.

6. MENULISLAH DENGAN CIRI KHAS KITA

Ini yang lumayan sulit, apalagi kita sudah dihipnotis oleh metode –metode penulisan yang sangat ideal, dan kita berusaha meniru mereka walaupun sebenarnya kita sendiri tidak mampu untuk menjadi seperti ciri khas mereka.

Tuliskan sesuai dengan gaya kita sendiri, jangan sampai merasa terkekang karena menulis artikel bukan sedang dipenjara, tapi belajarlah menulis dengan lepas dan sesuai dengan kemampuan kita.

kalau kita sudah merasa suka dengan tulisan tersebut, maka orang lain juga tidak jauh beda. Jadi sebelum tulisan kita dibagikan, cobalah menjadi tolak ukur sendiri dengan membaca dan seakan-akan kita adalah orang lain yang sedang membaca artikel tersebut.

7. MEMBUAT JUDUL YANG MENARIK

Judul adalah aset yang penting, karena dengan judul, pembaca dapat menangkap isi dari pada artikel yang akan dibaca.

Buatlah judul semenarik  mungkin dan tidak menjebak, dalam artian membuat judul sejujur mungkin dan membuat orang penasaran ingin segera membacanya.

8. MENYELIPKAN HUMOR SEGAR

Sekali-kali berikan humor segar, namun tetap berkaitan pada isi artikel, sehingga pembaca merasa terhibur dan tidak merasa jenuh. Setiap orang pasti menyukai humor bukan?

9. HINDARI SALAH KETIK

Karena pembaca artikel dimungkinkan hadir dari berbagai negara, diusahakan tulisan artikel kita bebas dari salah ketik, dan selalu periksa terlebih dahulu sebelum artikel dibagikan secara online.

Ini fungsinya adalah untuk memastikan setiap kata atau kalimat bisa diterjemahkan dengan baik saat pengunjung luar negeri menggunakan fasilitas penerjemah dalam memahami isi artikel.

KESIMPULAN

Kesimpulan dari 9 Cara menulis artikel yang enak dibaca adalah dalam penulisan tetap memperhatikan faktor manusiawi, dengan cara terlebih dahulu kita bisa memposisikan diri sendiri sebagai pembaca.

Jika susunan penulisan kalimat  sudah enak dibaca dan mudah dipahami, maka kita sudah berhasil membuat artikel yang menyenangkan dan bermanfaat.

Baca artikel lainnya tentang cara membangun blog yang baik secara lengkap dibawah ini

Belum ada Komentar untuk "9 Cara menulis artikel yang enak dibaca"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel