-->

7 Tips Mudik Aman saat lebaran

Tips Mudik Aman saat lebaran, Mudik memiliki pengertian sebagai kegiatan kembali pada kampung halaman, dan di Indonesia tradisi mudik ini biasanya sebagian besar dilakukan setiap tahun misalnya pada hari besar keagamaan seperti contoh saat menjelang lebaran.
7 Tips Mudik Aman saat lebaran
Tips Mudik Aman (gambar: google)
Kesempatan mudik inilah kemudian menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga besar, bagi para perantau tentu sudah sangat rindu kampung halaman, dan mudik adalah pilihan yang tepat untuk mengobati rasa rindu tersebut.

Dalam melakukan kegiatan mudik ini kita tidak serta merta berangkat, menikmati perjalanan dan sampai di kampung halaman. Namun perlu ada beberapa tips mudik aman yang harus kita ikuti.

Dibawah ini Antapedia akan mengulas tentang 7 Tips Mudik aman saat lebaran sehingga para pemudik merasa aman dan nyaman dalam perjalanan.

1. CEK KONDISI KENDARAAN

Bagi kawan yang melakukan mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, sangat wajib untuk melakukan pengecekan pada kondisi kendaraan, guna memastikan nanti saat dalam perjalanan tidak ada masalah yang serius pada kendaraan, sehingga dapat mengganggu kelancaran saat mudik.

Bawalah kendaraan pada bengkel terdekat untuk diperiksa bagian penting kendaraan, misalnya pemeriksaan mesin, minyak rem, lampu sein dan ban kendaraan pastikan juga dalam kondisi layak jalan.

Setelah kondisi kendaraan dirasa dalam keadaan baik, maka kita bisa melakukan perjalanan dengan tenang dan nyaman.

2. MEMBELI TIKET SEBELUM HARI H KEBERANGKATAN

Pemudik yang memiliki kampung halaman cukup jauh tentunya akan memilih alternatif angkutan umum sebagai fasilitas mudik, misalnya ingin menggunakan kereta maupun pesawat, maka sebaiknya kita sudah memesan tiket tersebut jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan.

Dengan memesan tiket jauh hari sebelum waktu keberangkatan, kita bisa menentukan jadwal mudik sesuai dengan rencana, Hal ini penting sekali untuk menghindari penundaan waktu keberangkatan sehingga jika memiliki waktu libur atau cuti yang terbatas, kita tetap bisa memanfaatkan liburan tersebut semaksimal mungkin.

3. SEDIA MAKANAN DAN MINUMAN

Sudah menjadi hal yang biasa bahwa mudik itu identik dengan macet, dan berada ditengah-tengah kemacetan panjang ini bukanlah sesuatu yang menyenangkan, persoalan utama yang akan terjadi adalah rasa lapar dan haus. jika perut dalam kedaan kosong, maka konsentrasi akan berkurang.

Dan bagi yang melakukan ibadah puasa, bukan tidak mungkin kita berada dalam kemacetan saat waktu berbuka tiba, Untuk menghadapi masalah tersebut kita perlu menyediakan makanan dan minuman, sehingga disaat kita merasa lapar dalam perjalanan atau terjebak macet, Kita bisa tetap mengisi perut tanpa perlu mencari rumah makan yang belum tentu dekat dengan lokasi kita saat itu.

4. TEMPAT DUDUK TIDAK BERDESAKAN

Dalam melakukan mudik ke tempat yang jauh, tentunya kita ingin tetap rileks dan santai dalam perjalanan, usahakan untuk memilih tempat duduk yang longgar dan tidak berdesakan sehingga bisa memberikan kesempatan bagi tubuh kita untuk beristirahat dengan tenang.

Jika membawa kendaraan pribadi, bawalah penumpang yang tidak melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

5. ISTIRAHAT JIKA MENGANTUK

Khususnya para pengemudi kendaraan, dalam suasana mudik memerlukan tenaga dan konsentrasi ekstra  dalam membawa kendaraan.

Jika dirasa sudah capai atau mengantuk, sempatkanlah untuk istirahat tidur. Kemudian dapat melanjutkan perjalanan jika kondisi tubuh sudah dalam keadaan bugar kembali.

6. MEMATUHI PERATURAN LALU LINTAS

Siapapun orangnya sudah seharusnya untuk mematuhi peraturan lalu lintas, peraturan ini dibuat untuk memberikan rasa aman bagi pengguna jalan raya, apalagi pada saat musim mudik tiba, jalanan akan dipenuhi kendaraan yang memiliki tujuan masing-masing.

Patuhilah peraturan lalu lintas dan selalu dapat mengontrol emosi saat berkendara agar kita bisa selamat sampai kampung halaman.

7. MENGUTAMAKAN KESELAMATAN

Dimanapun kita berada sudah pasti keselamatan adalah kebutuhan yang paling utama, jangan pernah mengambil resiko saat dalam perjalanan mudik, tetaplah tenang dan tidak tergesa-gesa.

Keselamatan diri sendiri dan orang lain sama pentingnya, jadikanlah orang lain sebagai saudara seperjalanan karena kita dan mereka mempunyai tujuan yang sama yaitu ingin berjumpa dengan keluarga di kampung.

PENUTUP

Nikmatilah suasana diperjalanan saat mudik dan ciptakan rasa aman bagi diri kita sendiri maupun orang lain, karena kita akan membawa cerita yang mengesankan saat berjumpa dengan keluarga di kampung.

Demikianlah 7 Tips mudik aman dari Antapedia, semoga bermanfaat bagi semua kawan yang akan merencanakan mudik ke kampung halaman tercinta.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Mudik Aman saat lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel