Mengetahui Kecepatan CPU Komputer

Central Processing Unit (CPU)
CPU yang memiliki Kepanjangan Central Processing Unit ini adalah otak daripada perangkat keras komputer berfungsi sebagai pelaksana perintah yang datang dari perangkat lunak.

CPU memiliki peranan yang sangat penting dalam rangkaian Perangkat komputer, serta Kecepatan CPU menentukan seberapa cepat proses Kita dalam melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan Komputer.

Terlebih ketika kita ingin menggunakan program- program baru, maka harus dipastikan bahwa komputer Kita bisa beradaptasi dengan Program baru tersebut.

Semakin tinggi speck suatu prosesor, maka akan semakin baik kinerja Komputer tersebut serta semakin mahal harganya. 

Dengan melakukan pengecekan kecepatan CPU, Hal ini juga sangat berguna untuk mengetahui apakah komputer akan overloading atau tidak, sehingga kinerja kita bisa menjadi lebih baik.

Dibawah ini Antapedia akan merangkum tentang cara melakukan periksaan kecepatan CPU Komputer Kita.

  1. Buka jendela System. Ada beberapa cara Kita dapat membuka jendela ini dengan cepat. Windows 7, Vista, XP - klik kanan pada My Computer dan pilih "Properties". Windows 8 - klik kanan pada tombol Start dan pilih "Sistem".  Semua versi - tekan Logo Windows + Pause.
    Mengetahui Kecepatan CPU Komputer
    Memeriksa CPU Speed lewat My Computer
  2. Temukan entri "Processor". Yang terletak di bagian "Sistem", di bawah logo Windows.
    Mengetahui Kecepatan CPU Komputer
    Informasi Dasar Komputer yang Kita Gunakan
  3. Catatan kecepatan prosesor. model dan kecepatan prosesor Kita akan ditampilkan. Kecepatan diukur dalam gigahertz (GHz). Ini adalah kecepatan satu core prosesor Kita. Jika Prosesor Overclocked, kecepatan yang sebenarnya mungkin tidak akan ditampilkan di sini. Lihat bagian berikut untuk mengetahui kecepatan overclocked Kita sebenarnya.
  4. Periksa seberapa banyak Core prosesor yang Kita memiliki. Jika Kita memiliki multi-prosesor inti, jumlah Core tidak akan ditampilkan dalam jendela ini. Dengan memiliki Beberapa Core bukan berarti program akan berjalan lebih cepat, namun hal ini dapat mewadahi program-program yang dirancang untuk prosesor besar.
Cara Lain Untuk Mengetahui Kecepatan Prosesor
  • Tekan Logo Windows + R untuk membuka kotak dialog.
  • Ketik dxdiag dan tekan OK. Klik Ya jika diminta untuk periksa driver Kita.
    Mengetahui Kecepatan CPU Komputer
    Mengetahui Kecepatan CPU Komputer
  • Menemukan entri "Processor" di System tab. Jika komputer Kita memiliki beberapa Core, Kita akan melihat angka dalam kurung setelah kecepatan (misalnya 4 CPU). Ini akan memberikan informasi kepada kita berapa banyak Core yang Kita memiliki. gambar tampilan seperti pada poin nomor 2 diatas.
Demikianlah cara mengetahui kecepatan CPU Komputer, mudah-mudah bisa bermanfaat bagi kita semua. Saran dan tembahan bisa kawan sampaikan pada Kotak komentar dibawah.

2 Responses to "Mengetahui Kecepatan CPU Komputer"

  1. bukannya ada widgetnya ya gan?? kan gk perlu pake DXDiag segala

    ReplyDelete
  2. iya ne bukannya ada wigdet nya ya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel