Alamat URL tanpa www tidak bisa diakses setelah costum domain blog

Memiliki Domain dengan status Top Level Domain (TLD) akan menjadi pesona tersendiri bagi setiap Blogger, dimulai dari berjuang melakukan setting Costum Domain hingga menunggu proses perubahan DNS untuk dapat menggunakan URL yang baru.

Namun setelah berhasil melakukan Costum dari Domain Gratis menjadi berbayar ini tidak serta merta urusan optimasi menjadi selesai, ada salah satu kendala yang biasa dihadapi bagi pengguna yang baru saja melakukan Costum Domain.

Masalah yang sering terjadi adalah URL baru tersebut hanya bisa diakses menggunakan awalan www misalnya www.antapedia.com, ketika dicoba akses secara langsung antapedia.com maka pengunjung akan dibawa pada halaman rusak dengan kode 404 atau URL tidak ditemukan.
Alamat URL tanpa www tidak bisa diakses setelah costum domain blog
URL tidak ditemukan / Eror 404
Ini bisa saja menjadi masalah, karena kadangkala saat situs Kita menjadi besar dan sebagian para pengunjung hanya mampu mengingat url uniknya seperti halnya blog antapedia biasa ditulis secara cepat tanpa www menjadi antapedia.com.

Maka sebelum masalah ini barlarut-larut alangkah baiknya para blogger yang baru melakukan Costum Domain untuk cepat-cepat mengatasinya. Mari Kita simak langkah mudah dibawah ini:
  1. Yang pertama kita login terlebih dahulu pada dashboard blog, kemudian menuju pada Setelan > Dasar.
    Alamat URL tanpa www tidak bisa diakses setelah costum domain blog
    Menu Setelan pada Dashboard Blogger
  2. Pada submenu Publikasi adalah berisi alamat blog, klik edit yang berada tepat disamping alamat Domain baru kita.
  3. Kita akan dibawa pada form ceklis Setelan Domain Pihak ketiga, beri tanda centang pada Alihkan domainkamu.com ke www.domainkamu.com  (pada contoh dibawah alihkan antapedia.com ke www.antapedia.com).
    Alamat URL tanpa www tidak bisa diakses setelah costum domain blog
    Form Ceklis setelan domain
  4. Selanjutnya adalah menekan tombol Simpan.
  5. Selesai! alamat Domain kita sudah bisa redirect dari tanpa www menjadi seperti halnya menggunakan www.
Untuk memastikan bahwa langkah-langkah yang Kita lakukan sudah berhasil, silahkan anda coba mengetik alamat domain tanpa menggunakan www, jika sudah bisa masuk pada Blog dengan lancar jaya, maka Kita sudah sukses melakukan pengalihan Domain.

Apabila langkah diatas belum berhasil, silahkan bersihkan history atau chache pada browser yang Kita gunakan terlebih dahulu, kemudian coba ulangi lagi langkah-langkah diatas.

Demikianlah cara mengatasi alamat URL yang tidak bisa diakses tanpa menggunakan www setelah melakukan costum Domain, Semoga bermanfaat.

7 Responses to "Alamat URL tanpa www tidak bisa diakses setelah costum domain blog"

  1. Hadeh.. .dari kemarin" ane gk bisa yg namanya costem domain.. .dan akhirnya skrng berhasil, thanks om infonya

    ReplyDelete
  2. saya baru tau.ma'lum Newbie..thanks ilmunya.

    ReplyDelete
  3. oh gitu ya makasih

    ReplyDelete
  4. saya juga pernah mengalami hal ini mas, yaitu pas pertama ganti domain. ternyata ada settingan di dns nya, dan settingan yg mas jelaskan diatas. artikel ini memang membantu untuk para pemula seperti saya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel